Feb 14 2017

Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan dari ATM, mulai dari tarik tunai, setoran, melakukan pembayaran, transfer, dsb. Namun meski demikian, Anda perlu waspada ketika menggunakan ATM karena banyaknya berbagai modus kejahatan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi.

Artikel terkait: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Multiguna

Maka dari itu, supaya Anda lebih waspada dalam pemakaian ATM, Anda perlu mengetahui berbagai modus kejahatan bagi pengguna ATM dibawah ini.

Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

Mengintip PIN
Salah satu modus yang sering kita dengar adalah mengintip PIN dari belakang, dan setelah dia tahu PIN nya kemudian penjahat merampas kartu ATM tersebut dan digasaklah seluruh uang didalam tabungan. Maka dari itu, untuk menghindari modus ini, biasakanlah untuk memperhatikan kondisi sekelilingi Anda dan juga jangan lupa untuk menutupi ketika Anda mengisi PIN agar tidak mudah dilihat dari belakang.

Teknik Skimming
Skimming adalah tindak kejahatan yang cukup canggih yaitu dengan cara menggandakan informasi yang terdapat pada pita magnetik yang ada pada kartu ATM untuk mendapatkan kendali atas rekening korbannya. Modus teknik skimming ini diidentifikasi pada tahun 2009 di Woodland Hills, Callifornia.

Pita magnetik adalah garis lebar berwarna hitam yang terdapat di belakang kartu ATM dan menyimpan berbagai informasi. Pelaku akan menempelkan alat berupa skimmer pada tempat memasukkan kartu sehingga data nasabah dapat diketahui dan dikuasai pelaku.

Metode Lebanese Loop
Metode ini digunakan dengan cara pita atau strip tipis untuk menghalangi slot kartu ATM. Hal ini bisa menyebabkan nasabah yang sudah memasukkan kartu ATM maka akartu akan tertahan. Setelah itu, pada saat mesin ATM meminta untuk memasukkan PIN secara terus menerus (dikarenakan mesin tersebut tidak bisa membaca kartu tersebut), pelaku akan mengintip dan menghafal PIN Anda.

Ketika pemilik kartu sudah menganggap bahwa kartunya tertelan dan tidak dapat dikeluarkan, maka pemilik akan meninggalkan mesin ATM dan setelah itulah pelaku akan mengambil kartu yang masih tertahan dan menguras rekening nasabah tersebut.

Kartu ATM tertelan mesin
Awalnya, pelaku akan memanipulasi mesin sehingga mesin ATM tersebut rusak atau tidak dapat difungsikan. Nasabah yang sudah terlanjur memasukkan kartu tentu akan panik dan mengira bahwa kartunya tertelan.

Selanjutnya, pelaku berpura-pura untuk memberikan solusi dengan menghbungi nomor call center palsu yang sudah tertempel di mesin ATM. Pelaku lain yang bertugas sebagai petugas call center palsu pun menjawab telepon dari nasabah dan mengarahkan nasabah untuk memasukkan PIN ke ATM. Nasabah yang sudah panik dan memasukkan PIN tentu menjadi sasaran empuk dari pelaku.

Mengganjal slot kartu ATM dengan korek api
Pelaku biasanya memilih mesin ATM secara acak dan memasukkan batang korek api ke slot kartu ATM. Tujuannya adalah agar ketika korban memasukkan kartu pada slot, kartu akan tertelan dan tak dapat ditarik kembali. Pelaku akan berpura-pura memberi bantuan dan meminta PIN serta meyakinkan bahwa kartu ATM telah tertelan. Setelah korban meninggalkan mesin, pelaku mulai menguras rekening korban.

Menukar uang
Modus ini termasuk modus baru dan dilakukan dengan cara meminta korban untuk membantu melakukan transfer karena pelaku salah memilih fitur yaitu tarik tunai sehingga rekening pelaku menjadi kosong. Pelaku yang berpenampilan rapi akan menawarkan untuk mengganti nilai yang ditransfer dengan uang tunai bernilai sama, namun sebenarnya uang tunai tersebut palsu. Bila tidak waspada, korban pun akan tertipu.

Menukar kartu ATM
Umumnya, hal ini sering terjadi pada nasabah pengguna mesin ATM di minimarket. Pelaku pertama akan berpura-pura bertransaksi di mesin dan kemudian mempersilahkan korban untuk menggunakan mesin ATM. Namun demikian, kartu korban tidak bisa masuk ke slot dan korban pun panik.

Selanjutnya, pelaku pertama akan berpura-pura menolong dengan mendorong kartu. Saat itu, pelaku kedua muncul dan mengalihkan perhatian korban. Pada saat itulah pelaku pertama mempunyai kesempatan menukar kartu ATM korban dengan yang palsu dan melemparkan pada pelaku kedua.

Nah itulah beberapa modus kejahatan yang bisa terjadi bagi pengguna ATM, ternyata banyak sekali modus-modus penjahat untuk menipu daya korban. Oleh karena itu, semoga dengan adanya artikel kami hari ini bisa membantu Anda dan menambah pengetahuan dan lebih waspada lagi kedepannya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

| Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

  • Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

    Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap...

  • Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

    Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...

  • 5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

    Info bisnis,- Penggunaan kartu kredit saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam 10 tahun terakhir, terutama setelah semakin meningkatnya taraf hidup...