Oct 28 2015

Trik Berinvestasi Saham Dari Warren Buffet

Postingan kali ini akan membahas mengenai Trik Berinvestasi Saham Dari Warren Buffet – Nama Warren Edward Buffet telah jadi ikon di pasar aset dunia sejak lama. Beliau yaitu sosok investor yg dianggap paling sukses dalam berinvestasi saham. Buku-buku tentang investasi ala Warren Buffet tidak sedikit ditulis & jadi memberikan inspirasi banyak investor saham. Warren Buffet memadukan keterampilannya dalam lakukan analisis & pilih saham-saham yg prospektif.

Investor kelahiran Omaha, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930, ini mengawali kiprahnya yang merupakan investor saham kala beliau masih berusia 25 tahun. Menariknya, di awal kiprahnya dia tak berinvestasi pada banyak saham, namun memilih untuk berinvestasi hanya terhadap satu saham yg dia kenal betul industrinya.

Trik Berinvestasi Saham Dari Warren Buffet

Pada th 1988, Buffet membeli saham milik Coca-Cola. Menurut analisanya, bidang makanan dan minuman dapat tetap dicari dan terbukti saham Coca-Cola tetap meningkat harganya.

Warren Buffet senantiasa berpikir untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Untuk itu dirinya senantiasa pertimbangkan kinerja & prospek jangka panjang perusahaan yg sahamnya beliau beli. Pada tahun 1998-1999, perusahaan Coca-Cola pernah jatuh dikala krisis, tetapi dia masih mempertahankannya hingga saat ini.

Warren Buffet sempat mengemukakan bahwa dirinya gemar dengan investasi jangka waktu yg panjang. Selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan ada filosofi investasi yg menarik dari dirinya. “Berinvestasilah untuk sepuluh tahun ke depan, bukan sepuluh menit ke depan,” ujarnya.

Investor pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway ini tidak sempat memusingkan fluktuasi harga saham, atau kenaikan & penurunan harga saham. Beliau cuma berpatokan pada kinerja fundamental perusahaan. Bila dirinya meyakini kinerja perusahaan bagus, sehingga beliau tak bakal repot jual saham yg dimilikinya kala harganya turun. Sebab dia meyakini suatu saat harganya bakal kembali naik. Dan terbukti pilihan sahamnya senantiasa cocok, yaitu memberikan performa kenaikan dalam jangka panjang.

Warren Buffet cuma pilih saham perusahaan yg dirinya pahami industrinya & dia senantiasa menuntut ilmu dengan teliti mengenai perusahaan yg mau dirinya beli sahamnya atau yg telah dia punyai. Dirinya memegang prinsip “membeli bisnis” dan bukannya “membeli saham”. Kalau Warren Buffet tak mengenali perusahaan & usaha tersebut, sehingga dia tak mau pernah menanamkan uangnya di sana. Dirinya pula senantiasa berusaha mencari perusahaan yg mempunyai keunggulan tertentu & bisa dibedakan dengan kompetitor yang lainnya.

Dirinya banyak mempelajari tentang investasi saham dari tidak sedikit buku, salah satu buku favoritnya yakni The Intelligent Investor yg ditulis oleh Ben Graham.

Warren Buffet sempat berada di posisi pertama orang paling kaya di dunia pada thn 2010. Kekayaannya di tahun tersebut, seperti ditulis majalah Forbes, mencapai USD62 miliar. Sementara pada tahun 2013 berdasarkan publikasi majalah yg sama, Buffet berada di peringkat ke-4 orang paling kaya di dunia, dengan nilai kekayaan se besar USD53,5 miliar.

Baca juga : Tips Mencapai Kesuksesan Secara Finansial

  • Strategi Investasi yang Bikin Kekayaan Warren Buffett Bertambah

    Berita Bisnis,- Kekayaan Warren Buffett bertambah sekitar US$ 12 miliar pada 2016. Hal itu membuat dirinya mencatatkan keuntungan terbesar di AS berdasarkan...

  • 5 Langkah Anak Muda yang Jadi Investor Kelas Dunia

    Saat ini zaman sudah semakin berubah. Anak muda tak mau kalah dengan generasi tua. Seperti kelima anak muda yang jadi investor kelas...

  • Ikuti Cara Sukses Berinvestasi Saham Ala Warren Buffet

    Bagi Anda yang akan memulai usaha atau membuka bisnis baru dan juga investasi, salah satu modal untuk belajar hal mengenai itu semua...

  • 7 Negara yang Mengizinkan Jual Kewarganegaraan

    Hak kewarganegaraan penting sekali untuk penduduk suatu negara. Dengan hal ini, seseorang berhak untuk mendapatkan sesuatu yang telah dijanjikan negara dan mendapat...