Dec 8 2016

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise adalah salah satu industri kreatif yang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bisnis ini mengandalkan jaringan dan relasi dalam mengembangkan sayap bisnisnya. Apakah saat ini Anda merupakan salah satu orang yang berencana untuk memulai dan menjalankan bisnis waralaba Anda sendiri?

Sebelum terjun langsung kelapangan, alangkah baiknya bagi Anda untuk mempelajari hal-hal yang bisa membantu melancarkan usaha Anda, berikut ini tips sukses menjalankan bisnis waralaba.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

tips sukses menjalankan bisnis waralaba

Pilihlah jenis waralaba yang paling banyak dibutuhkan orang
Jika menyangkut kebutuhan, pasti dalam jangka panjang akan selalu ada, seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan dan makanan. Tiga jenis bisnis ini tidak akan hilang bahkan cenderung akan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Selain pendidikan, kebutuhan yang tidak kalah penting adalah kesehatan. Kebutuhan akses kesehatan akan semakin meningkat, apalagi pola masyarakat yang cenderung tidak sehat, sehingga kebutuhan akan berobat, dan akses kesehatan semakin meningkat. Anda bisa menjalankan berbagai bisnis waralaba yang berkaitan dengan dunia kesehatan.

Bisnis waralaba harus mudah dijalankan
Yang mudah dijalankan artinya tidak membutuhkan SDM yang banyak. Karena, ada banyak jenis waralaba yang terbukti menguntungkan namun membutuhkan SDM dan sumber daya modal yang banyak. Usahakan untuk memilih jenis waralaba yang dengan satu orang saja sudah bisa dijalankan.

Pilihlah bisnis waralaba yang banyak konsumen
Kita bisa mendasarkan bisnis waralaba pada hobi, namun pastikan juga bahwa ada banyak orang-orang yang menyukai hobi kita, misalkan waralaba kopi. Ada banyak anak-anak muda hingga dewasa yang suka minum kopi. Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan, dan masih banyak lagi.

Pilihlah yang harganya terjangkau
Harga mahal atau murah sebenarnya relatif tergantung pasar mana yang sedang kita jangkau. Kalau untuk makanan misalnya, usahakana agar berada pada kisaran harga Rp 5.000 sampai Rp 20.000 saja karena dalam harga kisaran tersebut pasar yang kita masuki akan lebih banyak, dari siswa, mahasiswa hingga karyawan kantoran.

Memberikan pelayanan yang baik
Pilihlah waralaba yang menyediakan berbagai kontek person seperti no HP, BBM, WA, FB, dan Email yang bisa dihubungi kapanpun dan dimanapun. Mungkin kita sewaktu-waktu butuh masukan atau konsultasi mengenai hambatan yang kita hadapi, kita bisa menghubungi CS franchise kapan saja, 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Pilihlah waralaba yang sudah berpengalaman
Usahakan sebelum memilih franchise anda melihat track record perusahaan yang bersangkutan, lihat penghargaan yang pernah diraih, lihat kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa mereka. Ini akan menjadi brand tersendiri yang akan mendongkrak popularitas dan kepercayaan konsumen kepada kita. Semakin banyak pengalaman perusahaan franchise semakin baik produk dan jasa yang mereka tawarkan.

Carilah waralaba yang sudah memiliki banyak outlet di tempat lain
Jika ada sebuah franchise yang memiliki banyak utlet atau counter diberbagai daerah, namun didaerah kita belum ada, ini adalah peluang usaha yang menjanjikan. Karena produk atau jasa yang anda tawarkan sudah memiliki pelanggan tetap. Jadi sewaktu-waktu kalau pelanggan tetap tersebut berkunjung ke kota anda, mereka tidak akan ragu lagi untuk mampir ke tempat anda.

Lihatlah pamor waralaba tersebut di masyarakat
Anda juga bisa melakukan test the water atau uji coba masyarakat. Mungkin bisa dengan cara menanyakan secara langsung mengenai produk atau jasa yang akan anda jual.

Nah, bagi Anda yang masih bingung untuk memulai menjalankan bisnis waralaba, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda memecahkan kebingungan yang Anda alami. Selamat mencoba dan semoga sukses.

| Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

    Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...