Sep 26 2016

Tips Sukses Bisnis Pakaian Produksi Sendiri

Sekarang ini memang zamannya bisnis fashion dibandingkan bisnis lainnya. Mengapa ? karena setiap orang akan membutuhkan pakaian untuk digunakan sehari-hari atau untuk acara tertentu yang biasanya akan memiliki perbedaan. Walaupun tak setiap hari semua orang membutuhkan pakaian yang baru, namun keinginan masyarakat dalam memiliki pakaian yang beranekaragam tak bisa terelakkan. Jika anda bingung harus memulai dari mana sebagai pengusaha fashion baru dengan produksi pakaian sendiri, berikut ini entrepreneurmuslim.com merekomendasikan tips bermanfaat yang bisa anda gunakan.

Tips Bisnis Pakaian Produksi Sendiri

tips sukses bisnis pakaian produksi sendiri

Jenis pakaian harus ditentukan

Langkah awal yang harus anda perhatikan adalah menentukan jenis pakaian yang akan anda jual nantinya. Dengan memastikan jenis pakaian seperti apa, anda akan mudah membeli bahan yang pas untuk jenis tersebut. Selain itu, ada baiknya jika anda juga mempertimbangkan faktor pasar saat ini. Maksudnya, anda harus tahu jenis pakaian seperti apa yang saat ini sedang laris dan banyak diminati masyarakat.

Menentukan merek pakaian

Langkah selanjutnya adalah menentukan merek pakaian yang akan anda pasarkan. Anda bisa memilih inisial nama, nama anggota keluarga, atau nama-nama unik yang mudah diingat oleh para pembeli dan disesuaikan dengan kenis pakaiannya. Jika memungkinkan, anda bisa mendaftarkan merek pakaian tersebut ke Kantor Hak Paten agar merek anda lebih terlindungi.

Mendesain pakaian

Mendesian pakaian mungkin bukan perkara mudah karena anda harus memiliki kreatifitas yang baik dan unik. Akan tetapi, kecanggihan teknologi sekarang ini bisa memudahkan anda mencari desaian pakaian yang cocok agar bisa anda pasarkan. Anda bisa melihat contoh desain dari merek lain yang bisa menjadi refensi, yang kemudian anda kombinasi dan kreasikan dengan ide anda sendiri. Namun, anda pun harus ingat jika merek pakaian tertentu dari desainer ternama biasanya memiliki hak paten, sehingga anda tidak bisa menirunya dengan sembarangan.

Membeli bahan-bahan

Ketika 3 langkah di atas sudah anda penuhi, sekarang saatnya untuk mencari bahan-bahan yang pas untuk pakaian anda. Misalnya anda akan menjual busana muslim. Selain bahan untuk pakaian, anda juga harus menyediakan bahan untuk hijab serta aksesoris seperti bros atau kalung. Biasakan untuk mencari barang dengan kualitas yang sama, namun harga yang sedikit lebih murah, dan sebainknya 1 atau 2 toko untuk berlangganan. Jika sudah berlangganan, nantinya anda bisa mendapatkan potongan harga dibandingkan yang lainnya.

Menjahit

Ketika anda masih di awal bisnis, sebaiknya anda mencari penjahit dengan kemampuan menjahit yang bagus namun harga yang cenderung lebih murah. Namun ketika orderan anda sudah meningkat, anda juga bisa mencari penjahit cadangan yang bisa membantu permintaan dari pembeli. Jika bisnis anda sudah semakin maju, mulailah untuk membeli mesin jahit dan mempekerjakan orang. Sehingga anda tak perlu cape pergi ke tukang jahit sendiri.

Promosi

Untuk sekarang ini, promosi bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial seperti instagram, facebook, atau twitter. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut juga jangan sampai terlupakan. Pembeli yang merasa puas dengan produk anda tentu akan memberi tahu orang lain tentang kualitas produk anda, dan merekomendasikan orang lain untuk membeli produk anda tersebut. Dengan ini, konsumen akan semakin bertambah.

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, agar mereka senang dan nyaman berbelanja pada anda.

  • Berikut Ini Daftar Pesawat Terbesar dan Termahal di Dunia

    Berita bisnis,- Mungkin selama ini kita hanya melihat atau memakai pesawat dengan ukuran standar, namun ternyata ada beberapa pesawat di dunia yang...

  • 5 Pengusaha Wanita Muda Ini Bisa Menginspirasi Anda

    Untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur di usia muda itu gak mudah bahkan jika dipikir-pikir engga mungkin, apalagi bagi seorang wanita. Hal...

  • Deretan Perusahaan Paling Tua Di Dunia

    Kesuksesan sebuah bisnis bisa diukur dari lamanya eksistensi bisnis tersebut beroperasi. Tidak hanya satu atau dua tahun lamanya, ada beberapa bisnis yang...

  • Membuka Peluang Usaha Makanan Ringan yang Prospektif

    Membuka usaha makanan ringan menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak bisa Anda pandang remeh. Hal ini karena makanan ringan sangat digemari...