Sep 13 2016

Tips Persiapan Renovasi yang Tepat dan Akurat

Jika anda merasa bahwa rumah yang anda tempati saat ini sudah membutuhkan renovasi pada beberapa bagian atau keseluruhan, anda tentu membutuhkan berbagai persiapan yang matang agar semuanya berlancar dengan baik. Dan untuk membantu anda yang ingin merenovasi rumah, berikut tips persiapan renovasi yang baik dan benar, di antaranya :

tips persiapan renovasi rumah yang tepat dan akurat
Mengumpulkan ide

Saat anda memiliki ide atau inspirasi desain yang anda inginkan untukrenovasi rumah, tuangkan semuanya dalam buku atau catatan yang jelas agar pembangunan ulang yang dilakukan terlihat jelas. Anda juga bisa menambahkan beberapa sample foto perabot yang anda inginkan.

Sketsa denah ruang

Salah satu kesalahan yang sering dibuat dalam renovasi rumah adalah kapasitas ruang yang sesuai dengan kebutuhan keluarga maupun perabotan yang sudah ada. Kebanyakan orang memang sering mengabaikan masalah yang satu ini dan membuat mereka bingung sendiri akhirnya. Untuk itu, ada baiknya jika anda membuat sketsa denah ruangan terlebih dahulu untuk penataan yang baik dan benar.

Ukur secara detail

Berhubungan dengan poin pertama, anda tentunya harus mengukur secara detail segala sesuatu yang ada di dalam ruangan. Seperti lebar dan tinggi pintu, jendela, tangga, dan beberapa macam perabot. Pengukuran ini juga bisa membantu anda ketika akan membeli perabotan baru yang bisa disimpan dengan pas di ruangan yang disediakan.

Menyiapkan anggaran

Seperti halnya membangun rumah dari awal, anggaran untuk renovasi rumah bukan jumlah yang sedikit, sehingga anda harus menyediakan dana yang cukup besar. Bukan hanya untuk anggaran pembangunan, anda juga membutuhkan anggaran dalam membeli beberapa perabotan baru yang diinginkan. Perhatikan fungsi dan kualitas barang ketika anda membeli beberapa perabot.

Meminta bantuan

Banyak orang yang beranggapan jika menggunakan jasa atau bantuan dari seorang interior desainer merupakan sebuah pemborosan. Padahal ada beberapa pihak yang bisa menyesuaikan kinerjanya dengan selera maupun anggaran penghuni rumah. Jadi, tak ada salahnya jika anda memakai tenaga ahli yang bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin melakukan renovasi rumah menjadi sebuah hunian yang lebih indah dan sesuai keinginan saat ini.

  • Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Properti

    Saat ini bisnis properti menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat...

  • Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

    Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur...

  • Perkakas Penting yang Harus Tersedia di Rumah

    Ketika anda memiliki rumah baru, satu hal yang selalu diperhatikan adalah kondisi rumah juga berbagai perabotan penting seperti kursi, kasur, peralatan dapur,...

  • Tips Agar Bisa Memiliki Rumah Setelah Menikah

    Memiliki rumah impian setelah menikah, tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Akan tetapi kesiapan yang matang dari berbagai hal harus kamu perhatikan. Bisa...