Jan 19 2017

Tips Bernegosiasi Gaji Saat Mendapatkan Pekerjaan Baru

Bisnis,- Pada umumnya negosiasi gaji terjadi di bagian akhir suatu wawancara kerja dan merupakan bagian yang sulit dari proses wawancara. Hal ini pun akan membuat situasi yang serba salah sehingga membuat banyak orang pasrah saat bernego tentang gaji.

Dan yang menjadi masalah dibagian pertanyaan wawancara ini yaitu calon karyawan takut kalau minta gaji ketinggian tidak diterima, tapi kalau minta kerendahan malah bisa menyusahkan diri sendiri. Maka tidak jarang malah banyak karyawan yang langsung setuju dengan gaji yang ditawarkan, meskipun terjadi nego, peluangnya juga sangat rendah.

Agar tidak mengalami keadaan tersebut, Berikut ini tips bernegosiasi gaji saat mendapatkan pekerjaan baru seperti dilansir laman

Tips Bernegosiasi Gaji Saat Mendapatkan Pekerjaan Baru

Tips Bernegosiasi Gaji Saat Mendapatkan Pekerjaan Baru

Cari tahu kisaran gaji yang tepat untuk pekerjaan Anda
Ada beberapa cara untuk mengetahui kisaran gaji yang tepat untuk pekerjaan yang Anda lamar, seperti misalnya menanyakan dengan teman yang berprofesi sama, bisa juga menanyakan kepada kenalan yang bekerja di perusahaan tersebut (bila ada). Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu informasi melalui web atau situs tentang perkiraan gaji untuk berbagai profesi. Setelah yakin dan siap untuk wawancara gaji, sampaikanlah permintaan gaji Anda saat bernegosiasi.

Jangan mulai duluan
Tunggulah pihak perusahaan atau pewawancara yang menyampaikannya. Hal ini demi menjaga etika. Ketika sudah masuk dalam diskusi dan bernegosiasi, sebutlah secara spesifik gaji yang diminta.

Dengan memberikan nilai gaji yang spesifik dan bukan perkiraan akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tegas mengenai keuangan dan menghargai nilai bisnis untuk diri sendiri. Jangan ragu, sebut saja sesuai dengan hasil riset data gaji yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Fleksibel
Jika pihak perusahaan tidak setuju dengan gaji yang Anda minta dan menawarkan lebih rendah, cobalah bersikap fleksibel, tanyakan saja kompensasi lain di luar gaji, seperti uang transport, uang pulsa, asuransi kesehatan atau bonus tahunan.

Jika cocok dengan yang ditawarkan perusahaan, terimalah tawaran tersebut, yang terpenting bekerja dulu, dan mengasah kemampuan serta bakat yang Anda miliki sehingga bisa memiliki pengalaman kerja. Tentu saja hal ini akan bermanfaat ketika ingin melamar lagi di perusahaan lain dengan posisi dan tawaran gaji yang lebih bai​k.

Saat melakukan ​negosiasi gaji, ​yang perlu diingat bahwa ​Anda memperjuangkan hak yang ​memang seharusnya diterima, ​jangan pernah mengkhawatirkan status sebagai karyawan baru.

Itulah beberapa trik jitu bernegosiasi saat diterima di pekerjaan baru. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

| Tips Bernegosiasi Gaji Saat Mendapatkan Pekerjaan Baru

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...