Sep 5 2016

Tips Agar Bisa Memiliki Rumah Setelah Menikah

Memiliki rumah impian setelah menikah, tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Akan tetapi kesiapan yang matang dari berbagai hal harus kamu perhatikan. Bisa dilihat dari harga rumah dalam angka ratusan juta untuk rumah minimalis sekalipun. Jika keinginan kamu dan pasangan untuk memiliki rumah sudah bulat, berikut admin sampai beberapa Tips Agar Bisa Memiliki Rumah Setelah Menikah, sehingga kamu tak harus tinggal di rumah mertua dulu, di antaranya :

tips agar punya rumah setelah menikah

Menyisihkan 20% dari uang gajihan

Menabung menjadi cara utama agar kamu bisa mengumpulkan banyak uang untuk membeli rumah sendiri setelah menikah. Tak perlu banyak, cukup 20% dari penghasilan kamu saja sudah dirasa cukup untuk memiliki rumah dalam beberapa tahun.

Mengikuti tabungan berencana

Jika kamu termasuk orang yang sulit menabung, ketika membutuhkan uang, tabungan kamu bobol, solusi yang pas dan tepat buat kamu yaitu dengan mengikuti tabungan berencana atau deposito. Tabungan jenis ini memiliki aturan sendiri yang sudah disepakati bersama. Jadi, kamu wajib setor uang dalam yang sudah ditentukan dalam setiap bulan sesuai target yang sudah kamu cantumkan. Pihak Bank pun akan secara otomatis menarik dana dari saldo rekening kamu. Jika kamu membatalkan berjanjian atau berhenti di tengah jalan, kamu akan dikenakan sanksi yang tidak sedikit.

Kurangi jajan atau belanja

Jika kamu punya target yang jelas untuk membeli rumah setelah menikah, cobalah untuk mengurangi jajan dan belanja mulai dari sekarang. Uang yang biasanya kamu gunakan untuk hal semacam itu, bisa dikumpulkan untuk menyicil perabotan rumah tangga.

Investasi emas

Selain menabung, kamu juga bisa mulai belajar untuk mengikuti investasi emas dengan meminta arahan pada yang sudah ahli. Contohnya kamu membeli emas dalam 2 bulan sekali, sehingga dalam setahun kamu bisa investasi 6 gram emas. Setelah 5 tahun, kamu bisa gadaikan emas tersebut, dan uangnya bisa kamu gunakan untuk uang muka. Menggadaikan emas menjadi sebuah investasi yang menguntungkan mengingigat emas tersebut masih bisa kamu miliki dan harganya tak akan mengecewakan.

Rumah di pinggiran yang strategis

Kebanyakan pengantin baru enggan untuk memilih rumah di pinggiran kota. Akan tetapi, jika rumah di wilayah pinggiran tersebut berada di posisi yang strategis atau mudah dijangkau, itu bisa menjadi rekomendasi yang pas buat kami. Untuk mencari rumah yang murah dan strategis, kamu harus sering bertanya pada teman, saudara, atau kerabat lainnya.

Persiapkan biaya administrasi

Walaupun kamu telah membayar uang muka dan telah siap mencicil rumah, sebaiknya kamu perhatikan pula biaya administrasi lainnya seperti Bea Perolehan Hal atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB, Bea Balik Nama, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), dan lain-lain.

Berbagi beban dan tanggung jawab bersama dengan pasangan

Sebelum kamu menikah, sebaliknya kamu membicarakan terlebih dahulu bagaimana beban dan tanggung jawab kalian berdua. Jangan sampai ada salah paham di kemudian hari. Terlebih untuk masalah kredit rumah, harus ada kesepakatan jika pembayaran dilakukan atas kerja keras berdua agar tangguan tersebut sedikit lebih ringan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa mulai kamu terapkan jika kamu dan pasangan sudah ingin memiliki rumah

  • Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Properti

    Saat ini bisnis properti menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat...

  • Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

    Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur...

  • Perkakas Penting yang Harus Tersedia di Rumah

    Ketika anda memiliki rumah baru, satu hal yang selalu diperhatikan adalah kondisi rumah juga berbagai perabotan penting seperti kursi, kasur, peralatan dapur,...

  • Tips Persiapan Renovasi yang Tepat dan Akurat

    Jika anda merasa bahwa rumah yang anda tempati saat ini sudah membutuhkan renovasi pada beberapa bagian atau keseluruhan, anda tentu membutuhkan berbagai...