Dec 7 2016

Sikap dan Mental Positif yang Harus Dimiliki Pengusaha

Untuk menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mudah dalam memulainya, bahkan tidak jarang banyak sekali kendala atau tantangan yang akan dihadapi. Sebaliknya, bagi seorang pengusaha kendala dan tantangan menjadi sebuah pemicu bagi terwujudnya sebuah cita-cita, menciptakan lapangan kerja buat diri sendiri bahkan juga untuk orang lain. Meski tantang dan kendala selalu ada, namun hal tersebut tidak melemahkan semangat bagi mereka yang ingin sukses. Bahkan mereka tetap maju dan berusaha melewati kesulitan yang ada hingga menjadi seorang pengusaha sukses.

Menjadi seorang pengusaha yang sukses tidak hanya bermodalkan materi, seorang pengusaha tentunya dituntut untuk memiliki sikap dan mental positif untuk menghadapi kerasnya dinamika bisnis. Oleh karena itu, untuk menyiapkan diri dalam segala hal mari kita pelajari apa saya sikap dan mental positif yang harus dimiliki pengusaha.

Sikap dan Mental Positif yang Harus Dimiliki Pengusaha

Sikap dan Mental Positif yang Harus Dimiliki Pengusaha

Pantang menyerah
Hal ini penting dimiliki bagi seorang pengusaha, mengingat perjalanan bisnis yang tidak selalu mulus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Ketika sesuatu hal yang buruk terjadi sikap pantang menyerah diperlukan. Selalu bangkit dan mencoba lagi ketika terjatuh adalah suatu kewajiban bagi seorang pengusaha.

Tidak takut perubahan
Bagi seorang pengusaha sukses, mereka tidak takut dan gentar akan perubahan yang ada, justru sebaliknya. Mereka lebih menyambut adanya perubahan. Hal ini karena mereka tahu dan menyadari bahwa roda ekonomi bergerak dinamis dan satu-satunya cara untuk tetap bertahan di dunia bisnis adalah dengan menerima ide-ide baru dan beradaptasi. Pengusaha dengan kecerdasan emosi yang tinggi lebih berkembang dalam lingkungan yang selalu berubah.

Menghargai sebuah proses
Tidak sedikit orang yang terburu-buru ingin cepat kaya tanpa memikirkan sebuah risiko. Disisi lain, para pengusaha sukses tahu bahwa hasil merupakan buah dari kerja keras dan kompetensi. Proses yang baiklah yang akan menuntun seseorang pada kekayaan. Maka dari itu, hargai sebuah proses yang Anda lalui.

Percaya diri
Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam jiwa seorang pengusaha. Dengan tumbuhnya sikap percaya pada diri Anda, maka akan tumbuh pula motivasi atas apa yang Anda yakini. Jika Anda sendiri tidak percaya dengan diri sendiri, bagaimana orang lain akan percaya pada Anda?. Maka dari itu, sikap percaya diri sangat penting dimiliki seorang pengusaha.

Tidak takut mengambil risiko
Sebagai seorang pengusaha, mengambil keputusan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pikirkanlah keputusan tersebut, dan ukurlah risiko yang mungkin akan terjadi. Para pegusaha sukses tidak takut mengambil risiko karena mereka sudah mempertimbangkan risiko yang siap mereka terima, dan juga peluang keuntungan yang akan mereka peroleh. Semakin besar risiko yang diambilnya, semakin besar pula kesempatan untuk meraih keuntungan karena jumlah pemain semakin sedikit.

Jujur
Hasil yang diperoleh dengan cara yang jujur akan lebih berkah bagi Anda dan keluarga. Kejujuran akan sangat berpengaruh bagi perjalanan bisnis Anda. Sekali Anda berbuat tidak jujur dan mencurangi rekan bisnis atau pelanggan, maka selamanya reputasi Anda sulit untuk dipulihkan kembali. Maka jadikanlah kejujuran sebagai harga mati.

Kreatif dan Inovatif.
Bermental Wirausahawan terletak pada seberapa besar seseorang dapat mengekspresikan dan mengeksploitasi kemampuan dirinya, berimajinasi, senantiasa mendapatkan inspirasi, menciptakan atau memperbaharui sesuatu yang belum terpikirkan oleh orang lain dan hasil inovasinya itu menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual.

Nah bagi Anda yang memimpikan untuk menjadi seorang wirausaha, hal-hal diatas bisa menjadi pelajaran awal dalam membentuk sikap dan mental pada diri Anda untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan.

| Sikap dan Mental Positif yang Harus Dimiliki Pengusaha

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

    Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...