Dec 12 2016

Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur di Solo, Jawa Tengah.

Jauh sebelum menekuni karirnya di bidang pemerintahan, beliau telah terlebih dahulu mencicipi ranah bisnis dengan memimpin sebuah perusahaan furnitur yang sukses. Hal ini tentu bukan sebuah pencapaian yang dapat diraih dalam beberapa malam saja, sebab berbagai hambatan tentu selalu mewarnai dunia bisnis.

Lantas bagaimana caranya Beliau melewati brebagai masalah dan turun naik dalam membangun sebuah perusahaannya? Yuk simak rahasia sukses jadi pengusaha dari Bapak Jokowi.

Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Presiden Jokowi

Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

Jeli dalam melihat peluang
Anda harus memiliki kemampuan untuk melihat peluang pasar yang ada, sebab ini akan menentukan sukses atau tidaknya Anda dalam bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk bisa memanfaatkan sebuah peluang tersebut menjadi sebuah kesempatan emas dalam meraih kesuksesan.

Ambil dan lakukan dengan segera, sehingga bisnis tersebut berjalan tepat waktu dan bisa berkembang dalam sebuah kesempatan baik. Karena mungkin tidak akan pernah ada lagi peluang yang sama ke depannya.

Kerja keras
Kerja keras akan selalu dibutuhkan dalam sebuah upaya pencapaian. Semangatlah dan bekerja keraslah sehingga hasil yang akan didapatkan juga maksimal dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Meski hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, namun dari sinilah Anda mesti menumbuhkan komitmen yang besar untuk menjalankan hal ini didalam bisnis Anda.

Selalu berikan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, termasuk dengan menerapkan sejumlah aturan di dalam menekuni bisnis tersebut.

Identifikasi pasar atau kenali pasar
Meski Anda seorang bos atau pimpinan, namun alangkah baiknya Anda turun kelapangan langsung dan meninjau secara langsung semua kegiatan da tidak memiliki sejumlah waktu untuk sekedar menilik bisnisnya dari dekat.

Dengan turun langsung ke lapangan, Anda akan memiliki kesempatan yang sangat luas untuk melihat dan menangani berbagai permasalahan yang terjadi di dalam bisnis Anda. Ini tentu akan sangat berbeda dengan kondisi di mana Anda hanya menerima dan melihat perkembangan bisnis Anda melalui laporan di atas kertas saja. Biasakan untuk terjun langsung ke lapangan, sehingga Anda begitu dekat dan paham dengan berbagai kendala yang terjadi di dalam bisnis tersebut.

Gunakan sistem
Sebuah bisnis harus memiliki sebuah sistem yang baik dan dapat mendukung produktivitas dengan maksimal, hal inilah yang selalu diyakini oleh Jokowi. Beliau memiliki keyakinan bahwa sistem yang baik mampu untuk menjalankan semua lini dan juga talenta-talenta terbaik yang terdapat di dalamnya.

Namun, jangan membuat sebuah sistem yang terlalu berlebihan dan begitu sulit untuk dijalankan, sehingga talenta di dalam bisnis tersebut tidak dapat berkembang dengan maksimal. Terapkan sebuah sistem yang baik dan tepat, di mana semua berjalan dengan ketat namun masih tetap dalam batasan yang wajar dan masuk akal.

Jalin hubungan baik
Menjalan hubungan baik dengan para relasinya. Hal ini juga dijadikannya sebagai salah satu modal usaha, karena Beliau paham betul bahwa sebuah usaha tidak akan berjalan tanpa adanya pelanggan atau konsumen yang membeli serta menggunakan produk tersebut.

Pada dasarnya semua bisnis akan selalu berhubungan langsung dengan para pelanggan bahkan bisnis besar sekalipun.

Jadi itulah beberapa tips sukses membangun usaha ala Jokowi. Semoga tips yang disampaikan Bapak Presiden RI kita ini menjadi sebuah motivasi kita dalam meraih kesuksesan saat ini.

 

| Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Presiden Jokowi

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...