May 12 2016

Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

Bisnis.Ijomuda.com – Menurut Budi Gunawan, selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang mendefinisikan pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk biaya pembangunan, pendidikan dan kesehatan. Namun, sayangnya masih belum banyak masyarakat yang sadar atau taat untuk membayar pajak. Maka dari itu, masih perlu pemahaman dan tindak lanjut dari pemerintah untuk mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya membayar pajak bagi masyarakat dan negara.

Manfaat Pajak

Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

Sebagaimana halnya perekonomian dalam suatu rumah tangga atau keluarga, perekonomian negara juga mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran.

Pajak juga diartikan sebagai sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Penggunaan uang pajak meliputi mulai dari belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Pembangunan sarana umum seperti jalan-jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit atau puskesmas, kantor polisi dibiayai dengan menggunakan uang yang berasal dari pajak. Uang pajak juga digunakan untuk pembiayaan dalam rnakg memberikan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Aneh dengan Gaji Fantastis

Setiap warga negara mulai saat dilahirkan sampai dengan meninggal dunia, menikmati fasilitas atau pelayanan dari pemerintah yang semuanya dibiayai dengan uang yang berasal dari pajak. Dengan demikian jelas bahwa peranan penerimaan pajak bagi suatu negara menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembiayaan pembangunan.

Selain fungsi budgeter (fungsi penerimaan) diatas, pajak juga melaksanakan fungsi redistrubusi pendapatan dari masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang lebih tinggi kepada masyarakat yang kemampuannya lebih rendah. Oleh sebab itu, tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya secara baik dan benar merupakan syarat mutlak untuk tercapainya fungsi redistrubusi pendapatan. Sehingga pada akhirnya kesenjangan ekonomi dan sosial yang ada dalam masyarakat dapat dikurangi secara maksimal.

Ditjen pajak menerapkan suatu paradigma dalam sebuah slogan,”Pajak menyatukan hati, membangun negeri, bangga bayar pajak”. Karena tidak dapat dipungkiri, lebih dari 70% penerimaan negara bersumber dari pajak. Artinya sebagian besar kebutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara berasal dari dana yang dikumpulkan melalui pajak. Dengan adanya hal itu, diharapkan timbul rasa bangga dalam diri masyarakat karena bisa berpartisipasi membangun negeri dengan membayar pajak.

| Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

  • 10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

    Bisnis.Ijomuda.com РSumber pendapatan Negara kebanyakan didapat dari pemasukan pajak yang diberikan warganya ke pemerintah. Besarnya tarif pajak bervariasi  tergantung pajak yang...

  • 7 Negara Ini Bebas dari Pungutan Pajak Penghasilan

    Informasi Bisnis | Pajak menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negara, bahkan di beberapa negara tertentu pajak yang ditentukan justru sangat...

  • Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara

    Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara,- Perekonomian negara sama halnya dengan perekonomian rumah tangga di mana mengenal sumber-sumber penerimaan dna pos-pos pengeluaran. Pajak...

  • Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara

    Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara,- Tidak Sedikit warga indonesia yang belum menyetor pajak, elemen ini disebabkan minimnya berita penduduk akan manfaat...