Oct 15 2016

Pelajaran Lewat Perjalanan Sukses dari Pemilik Merk Zara

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Bill Gates dan Warren Buffett. Keduanya termasuk kedalam jajaran besar orang terkaya di dunia. Namun, apakah Anda tahu dengan nama Amancio Ortega? dia berasal dari Spanyol yang merupakan pemilik merk fesyen Zara dan ternyata dia termasuk kedalam daftar orang terkaya di dunia. Bahkan kekayaannya melampui Warren Buffett.

Buffett dikenal sebagai pembicara yang sering tampil di media, sedangkan Bill Gates adalah guru bisnis dengan kisah kesuksesan yang selalu ditunggu. Namun, Ortega justru terkesan menghindari media saat kekayaannya tumbuh hingga US$ 77 miliar. Selain itu, dia juga memiliki toko retail yang tersebar di 100 negara berbeda dan menjadi pemilik merk Massimo Dutti dan Pull & Bear. Bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, mari kita pelajari pelajaran lewat perjalanan sukses dari pemilik merk zara Amancio Ortega.

Pelajaran Lewat Perjalanan Sukses dari Pemilik Merk Zara

Pelajaran Lewat Perjalanan Sukses dari Pemiliki Merk Zara

Kecepatan adalah segalanya
Zara didirikan tahun 1975, sempat terjungkal demi mendapatkan stok pakaian baru. Untuk mengatasinya, Ortega berinisiatip untuk mengganti koleksi Zara setiap seminggu dua kali.

Kecepatannya menjadi salah satu ciri dari binis Ortega. Selain itu, hal ini juga menjadikan perbedaan antara usaha yang dimilikinya dengan pesaingnya. Ketika sebuah dress yang dipertontonkan di ajang Fashion Week baru ada di derpartment store beberapa bulan kemudian, Zara sudah menjualnya dengan model persis sama seminggu kemudian. Hal inilah yang membedakan antara bisnis miliknya dengan pengusaha lainnya.

Obsesi dengan keinginan customer
Dia memiliki prinsip dalam perjalanan bisnisnya yaitu,”Pelangganlah yang menggerakan bisnis”. Maksudnya, ia menjadikan pelanggan sebagai prioritas pertama dan perhatian utama, baik dalam proses pembuatan koleksi busana, desain toko, sistem, logistik maupun kegiatan lainnya.

Semua produk Zara terlahir dari pengamana yang konsumen pakai dan mendengarkan apa yang mereka ingin pakai. Zara tidak menyetok persediannya berdasarkan katalog fashion show, namun perusahaan melacan fesyen blogger dan mendengarkan pelanggan sebagai gantinya. Hal ini memungkinkan Zara untuk menyesuaikan diri dengan tren sesuai musim.

Mengontrol ketersediaan
Di saat perusahan fesyen lain memproduksi pakaiannya di China karena upah buruh yang murah; Zara, Massimo Dutti dan Pull&Bear konsisten meproduksi produknya di Spanyol, Portugal, dan Mariko. Desain karya Ortega dibuat di pabriknya sendiri dan dijahit oleh penjahit lokal.

Cara ini membuat perusahaannya cepat tanggap terhadap tren terbaru. Inilah mengapa stok di toko-toko milik Ortega benar-benar produk yang diincar kostumer sehingga jarang tersisa.

Jangan jadi kacang lupa kulit
Amancio Ortega bukan berasal dari keluarga kaya, bahkan dia putus sekola saat usianya 14 tahun untuk bekerja. Ayahnya adalah seorang pekerja kereta api dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Ibunya pernah diusir oleh seorang pramuniaga toko karena ingin berhutang demi membeli kebutuhan keluarga.

Namun, setelah dia menjadi salah satu miliarder terkaya didunia, dia tetap mempertahankan gaya hidup sederhana. Pria yang kini berusia 80 tahun ini berbaur dengan pegawainya di kantor pusat Inditex di kota kelahirannya La Coruna. Meski ia sudah berusia lanjut, namun ia masih bekerja. Bahkan ia tidak pernah lelah meladeni ide-ide baru dari pegawainya.

Tidak pernah berhenti berinovasi
Menurut Amancio Ortega,”Hal terburuk yang bisa melemahkan seseorang adalah rasa puas diri, karena sukses bukan jaminan. Aku tidak pernah membiarkan diriku puas dengan apa yang telah kulakukan dan aku selalu mencoba menanamkan hal ini pada setiap orang disekitarku.”

Hal tersebut dikarenakan menurutnya, saat seseorang berpuas diri, orang tersebut akan berhenti untuk berinovasi. Jika Anda ingin berinovasi, jangan berfokus pada hasil.

Semoga pelajaran dari seorang Amancio Ortega ini bisa menjadikan diri kita termotivasi untuk terus berkarya dan berinovasi membantu mimpi-mimpi indah. Kaya bukan dari turunan, melainkan dari keinginan dan kerja keras yang tidak pernah menyerah untuk terus berjuang. Tetap semangat dan teruslah mencoba !

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

    Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...