Feb 18 2017

Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit dan tagihan bisa dibayar di bulan berikutnya. Menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan diskon atau cashback.

Tagihan kartu kredit yang datang setiap bulan melalui email atau surat rumah atau kantor selalu dipenuhi dengan angka-angka. Isi tagihan seperti itu bisa membuat pemilik kartu kredit, khususnya mereka yang baru saja memiliki kartu kredit, bingung. Padahal tagihan tersebut sangat penting berisi berbagai informasi tentang penggunaan kartu kredit Anda. Maka dari itu, berikut ini panduan mudah dan tepat membaca tagihan kartu kredit.

Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

Nomor rekening kartu kredit
Pastikan nomor kartu kredit sama dengan nomor kartu Anda. Begitu pula identitias Anda dikartu kredit sama dengan identitas di dalam tagihan kartu kredit. Jangan sampai tagihan yang Anda terima adalah tagihan kartu kredit orang lain yang namanya mirip atau orang lain yang alamatnya mirip dengan alamat Anda.

Jenis dan nilai transaksi
Perhatikan jenis transaksi, nilai transaksi dan tanggal transaksi. Apakah Anda benar-benar melakukan transaksi tersebut atau tidak? Jika Anda tidak pernah melakukan transaksi tersebut, segera lapor ke bank penerbit kartu kredit.

Potensi kesalahan lain adalah nilai transaksi di dalam tagihan lebih besar dari transaksi sebenarnya. Jika kamu masih menyimpan struk belanja, ini akan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan.

Artikel terkait: 5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

Tanggal jatuh tempo
Ini adalah tanggal terakhir untuk membayar tagihan yang ada di dalam surat/email tagihan. Tanggal jatuh tempo ini sangat penting bagi pemilik kartu kredit. Sebab, jika Anda membayar setelah itu, Anda akan terkena bunga kartu kredit dan juga denda. Sebaliknya, jika Anda membayar penuh semua transaksi di kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo, Anda tidak akan terkena bunga kartu kredit.

Dengan catatan, tagihan tersebut bukan sisa tagihan sebelumnya, melainkan tagihan yang dilakukan pada bulan yang sama saat Anda menerima tagihan kartu kredit.

Pembayaran minimum
Sebaiknya Anda tidak menjadikan pembayaran minimum ini sebagai acuan Anda dalam membayar tagihan sebab Anda akan terkena denda dan bunga kartu kredit sehingga utang Anda tidak akan selesai dalam waktu cepat.

Tagihan bulan ini
Maksudnya, semua transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit dari setelah tanggal penagihan bulan lalu hingga tanggal penagihan bulan ini.

Transaksi dalam mata uang asing akan otomatis ditukarkan ke rupiah. Anda harus teliti membaca rincian transaksi untuk memastikan bahwa semuanya benar.

Ringkasan tagihan
Ini adalah ringkasan atau rangkumah dari semua transaksi kartu kredit Anda, termasuk semua pembayaran yang telah dilakukan. Perhatikan pembayaran yang telah Anda bayarkan. Jika ada pembayaran yang belum masuk dalam ringkasan ini, segera beritahukan bank.

Saldo akhir
Ini adalah jumlah total tagihan kartu kredit Anda, termasuk tagihan yang belum terbayarkan dari bulan yang sudah lewat. JIka Anda sering membayar tagihan minimum, sisa tagihan bulan lalu berikut denda dan bunganya akan muncul di sini. Sebaliknya jika Anda langsung membayar penuh setiap transaksi, saldo akhir hanya memuat tagihan terbaru saja.

Nah itulah beberapa cara dan trik membaca tagihan kartu kredit, semoga bermanfaat.

| Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

  • Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

    Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap...

  • Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

    Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...

  • 5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

    Info bisnis,- Penggunaan kartu kredit saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam 10 tahun terakhir, terutama setelah semakin meningkatnya taraf hidup...