Oct 19 2016

Negara yang Membandrol Harga BBM Termahal di Dunia

Setelah sebelumnya bisnis.ijomuda.com membahas mengenai Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia, kini giliran mengungkap beberapa negara yang membandrol harga BBM termahal di dunia yang dilansir dari liputan6.com.

Negara dengan Harga BBM Termahal

Negara yang Membandrol Harga BBM Termahal di Dunia

Denmark

Pemerintah di beberapa negara Eropa biasanya mematok harga BBM cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan biaya konsumen ritelnya. Dan terbukti, salah satu negara Eropa, yakni Denmark memberlakukan harga BBM tinggi, sekitar USD 1,61 atau setara dengan Rp 20.909 per liter.

Italia

Negara Eropa lainnya yang berada di atas Denmark dalam hal pajak tinggi untuk BBM adalah Italia. Megara tersebut memberlakukan harga BBM senilai USD 1,63 atau setara dengan Rp 21,168 per liter. Tingginya harga BBM beserta ketidakstabilan ekonomi di sana menjadi tekanan bagi warga negara Italia dalam krisis di beberapa tahun lalu.

Israel

Tak seperti negara Timur Tengah lainnya, Israel justru membandrol harga BBM cukup tinggi yaitu untuk satu liternya sekitar USD 1,64 atau setara dengan Rp 21.298. Walaupun tergolong mahal, namun harga tersebut masih dapat dibeli oleh masyarakat di sana, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran.

Belanda

Belanda dikenal sebagai negara bebas polusi dengan mengutamakan kendaraan seperti sepeda atau perahu. Pemerintah di negeri kincir ini membangun infrastruktur yang membuat masyarakat untuk bepergian lebih mudah. Sehingga tak heran jika harga BBM yang dibandrol pun cukup tinggi, sekitar USD 1,68 atau setara dengan Rp 21.818 per liter.

Norwegia

Meskipun Norwegia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi, namun negara tersebut tetap membandrol harga BBM sangat mahal. Pemetintah di sana menggunakan subsidi BBM atau keuntungan dari penjualan BBM yang tinggi ini untuk beberapa layanan seperti kesehatan, pendidikan, serta infrastruktur negara. Untuk satu liternya, anda bisa membeli BBM di Norwegia seharga USD 1,78 atau Rp 23.116 per liter.

Hong Kong

Negara yang membandrol harga BBM paling mahal di urutan pertama adalah Hongkong. Untuk satu liter BBM di sana, anda harus membayar USD 1,87 atau setara dengan Rp 24.285. Jika diamati, Penduduk Hong Kong harus membayar BBM 2 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan penduduk China.

Jika dilihat dari harga yang diberlakukan oleh 6 negara tersebut, masyarakat Indonesia hendaknya lebih bersyukur karena harga BBM di negara ini masih terbilang cukup murah dibandingkan negara-negara di atas.

  • 15 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia Tahun 2016

    Bukan sebuah rahasia lagi jika emas selalu menjadi tumpuan atau aset terbaik dalam berinvestasi, mengingat nilai logam mulia yang satu ini cenderung...

  • 10 Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia

    Harga BBM yang tak tentu membuat penduduk Indonesia merasa sering risau, terlebih ketika kenaikan terjadi. Malah pada beberapa tahun ke belakang BBM...

  • Teknik Investasi Emas Batangan dan Perhiasan Bagi Pemula

    Investasi saat ini menjadi bisnis yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, yang harus diperhatikan adalah cara yang benar dalam investasi...

  • 8 Jenis Barang Tambang Hasil Bumi Indonesia

    Sumber daya alam di dunia ini ada 2 jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tak...