Aug 27 2016

Negara Produsen Kopi Terbesar dan Terbaik di Dunia

Mungkin anda salah satu orang yang harus menikmati secangkir kopi di pagi hari dengan rutin untuk menstimulasi semangat dan daya kerja otak. Banyak pilihan kopi yang bisa anda konsumsi, dan sekarang ini yang masih aktif di perdagangkan ada 4 jenis, yaitu arabika, robusta, excelsa, dan liberika. Namun, yang paling banyak diminati dan dihasilkan yaitu arabika dan robusta.

Anda yang menjadi salah satu penikmat kopi, jangan khawatir dengan ketersediaan kopi di pihak produsen dan petaninya sendiri. Karena Indonesia pun masuk ke dalam jajaran negara produsen kopi terbesar di dunia di posisi ke-4. Untuk mengetahui posisi-posisi yang lebih lengkap, simak informasi yang kami sampaikan berikut ini.

Negara Produsen Kopi Terbesar dan Terbaik di Dunia

negara produsen kopi terbesar dan terbaik di dunia
10. Guatemala

Guatemala menjadi negara produsen kopi ke-10 di dunia. Negara tersebut mulai mengembangkan kopi sejak tahun 1850-an, dan menjadi komoditas ekspor di sana sampai angka 60% dari hasil produksi kopi. Namun, saat tahun 2013, ada serangan penyakit pada tanaman kopi di Guatemala yang mengakibatkan kerusakan sekitar 70-90%.

9. Meksiko

Sekitar akhir abad ke-18, kopi mulai masuk ke Meksiko dibawa oleh orang Spanyol dari Dominika dan Kuba. Akan tetapi, kopi mulai dikembangkan sejak tahun 1950-an dan sempat mengalami kejayaan di tahun 1980-an. Namun, terjadi krisis kopi saat tahun 1989, dan negara mulai bangkit kembali di tahun 2006. Perolehan ini membawa Meksiko menjadi negara penghasil kopi ke-9 di dunia.

8. Uganda

Negara yang satu ini merupakan salah satu penghasil kopi robusta yang baru dikenalkan pada tahun 1900-an dan menjadi komoditas penting di sana sejak tahun 1980-an. Pengembangan tersebut mampu membuahkan hasil, sehingga Uganda menjadi negara produsen kopi yang berada di posisi ke-8 dengan kenaikan produksi sekitar 27% tahun lalu.

7. Honduras

Sekitar tahun 1804, Honduras mulai mengembangkan kopi yang berawal dari tanaman asal Kepulauan Karibia. Kemudian barulah pada abad ke-21, kopi bisa menjadi komoditas perkebunan paling penting di negara tersebut. Bahkan mengalami peningkatan menjadi 345 ribu ton biji kopi yang diekspor pada tahun 2015, yang sebelumnya hanya sebanyak 324 ribu ton.

6. India

Negeri bollywood juga masuk ke dalam jajaran negara penghasil kopi terbesar di dunia yang menempati urutan ke 6. Kopi mulai masuk ke India pada tahun 1695 dibawa oleh orang yang baru pulah haji dari Mekkah, kemudian kopi mulai dikembangkan setelahnya. Dan para tahun 1840, orang Inggris membuka perkebunan kopi di India. Sejak saat itulah kopi menjadi komoditas ekspor terpenting di sana.

negara produsen kopi terbesar dan terbaik di dunia

5. Etiopia

Etiopia yang satu ini merupakan penghasil kopi arabika terbesar, dan menjadi komoditas ekspor paling penting di negara tersebut. Walaupun berasal dari Etiopia, minuman dari kopi justru dipopulerkan oleh bangsa Arab. Kini Etiopia menjadi salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia no ke-5, walaupun sempat mengalami penurunan produksi tahun 2015 lalu yang hanya 384 ribu ton dari asalnya 397,5 ribu ton.

4. Indonesia

Kopi mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1669 yang dibawa oleh bangsa Belanda. Awalnya, negara kita memproduksi kopi arabika, namun karena penyakit kemudian beralih ke kopi liberika dan kemudian menjadi robusta. Sekitar 83% yang dihasilkan Indonesia adalah robusta, dan kemudian sisanya ada arabika. Sedangkan sebagian kecilnya ada liberika dan excelsa, namun volumenya tidak siginifikan dibandingkan 2 jenis kopi unggulan.

Kopi yang diproduksi mengalami peningkatan dari 623 ribu ton, menjadi 660 ton biji kopi pada tahun 2015 lalu.

3. Kolombia

Kolombia menjadi negara produsen kopi terbesar ke-3 di dunia yang menghasilkan 810 ribu ton biji kopi dan menjadi salah satu komoditas terpenting di sana. Tak heran jika kopi telah dikembangkan sejak lama pada tahun 1790 yang dibawa oleh misionaris Eropa.

2. Vietnam

Walaupun dianggap sebagai negara baru dalam bidang perkopian, namun Viatnam bisa membuktikan perkembangan pada komoditasnya dan saat ini menduduki posisi ke-2 sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan jumlah prodksi sebanyak 1,65 juta ton biji kopi.

Kopi pertama kali dibawa oleh orang Prancis ke Vietnam sejak abad ke-19, dan mulai berkembang di tahun 1975 setelah perang. Dan mengalami puncak kejayaan di tahun 1990-an dengan angka kenaikan 20-30% tiap tahunnya.

1. Brazil

Siapa yang menyangka jika negara tuan rumah Olimpiade 2016 ini menjadi negara produsen kopi terbesar dan terbaik di dunia nomor 1. Negara Samba ini mampu menguasai pasar kopi global hingga 30%, jauh meninggalkan negara penghasil kopi lainnya. Dan Brazil juga menjadi produsen arabika terbesar mencapai 80%. Walaupun sempat mengalami penurunan di angka 2,5 juta biji kopi, namun negara ini tetap berhasil duduk di posisinya sampai saat ini.

Banyaknya negara yang mengasilkan kopi, termasuk negeri sendiri, tak akan membuat para pencinta khawatir bukan ? Termasuk anda salah satunya.

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...