May 5 2016

Keuntungan Mengambil KPR Ketika Masih Lajang

Bisnis.Ijomuda.com – Rumah menjadi impian setiap orang. Namun, untuk mendapatkan rumah tersebut kini telah ada sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau sistem beli secara lunas. Namun, hal ini tetap harus menjadi pertimbangan yang matang.

Waktu lajang adalah waktu yang tepat untuk mengambil rumah dengan sistem KPR, alasannya karena ketika Anda masih lajang, kebutuhan tidak terlalu mendesak. Selain itu, Anda juga bisa menginvestasikannya sampai akhir hayat hingga bisa diwariskan pada anak, cucu Anda.

Tidak hanya itu, bunga cicilan KPR biasanya flat selama beberapa tahun, setelah itu fluktuatif menyesuaikan inflasi dan kondisi ekonomi nasional. Memang sekilas memberatkan karena semakin lama cicilan rumah semakin tinggi. Solusinya, para lajang bisa pintar-pintar memilih bank dengan tawaran bunga rendah dan periode bunga flat terpanjang.

Namun, juga bisa memilih tawaran KPR dengan sistem syariah. Pembiayaan rumah dengan sistem syariah biasanya memiliki cicilan yang lebih tinggi dibandingkan KPR konvensional. Namun, cicilan ini bersifat tetap sampai lunas, sehingga bisa memprediksi besarnya keperluan finansial Anda. Disamping itu, masih banyak lagi keuntungan mengambil KPR ketika masih lajang.

Keuntungan Mengambil KPR Ketika Masih Lajang

Keuntungan Mengambil KPR Ketika Masih Lajang

Harga masih murah
Definisi murah di sini mengacu pada waktu. Sampai saat ini, harga rumah selalu naik, setidaknya menyesuaikan inflasi.

Dengan demikian, harga rumah yang harus dibayar jika mencicil sekarang bisa dipastikan akan lebih murah jika dibandingkan saat membelinya beberapa tahun ke depan, setelah tabungan terkumpul.

Angsuran masih rendah
Dengan harga rumah yang masih rendah, maka angsuran bulanan pun masih rendah. Para lajang hanya perlu menyiapkan uang mua untuk pembelian.

Dilindungi asuransi
Berbeda dengan membeli secara tunai, membeli rumah secara KPR biasanya langsung disertai premi asuransi kebakaran dan asuransi jiwa. Dengan demikian, jika selama masa cicilan terjadi musibah kebakaran, pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikan rumah.

Selain itu, jika selama periode cicilan sang pembeli rumah meninggal dunia, cicilan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Dengan demikian, almarhum tidak akan membebani keluarga yang ditinggalkan dengan hutang cicilan.

Jangka waktu leluasa
Semakin muda usia mengambil KPR, semakin besar pula mendapat jangka waktu cicilan yang panjang, sehingga jumlah cicilan akan lebih kecil. Pihak pemberi KPR biasanya memberi jangka waktu cicilan maksimal hingga usia pensiun atau 55 tahun.

Jika saat ini berusia 25 tahun, maka bisa menikmati KPR dengan jangka waktu 15 tahun atau 20 tahun. Bila baru mengajukan KPR di usia 50 tahun, maka jangka waktu KPR yang dapat diberikan yakni maksimum 5 tahun.

Masih produktif
Secara fisik, para lajang masih kuat untuk mencari penghasilan lain di luar gaji. Bagi pengusaha muda, tentu semangat kerjanya masih terbilang tinggi untuk kemajuan usahanya.

Sebagai catatan penting, pihak bank akan lebih senang memberikan pinjaman kepada golongan muda potensial daripada pengusaha yang sudah tua

Mendapat perhitungan matang
Bagi pihak bank, memberikan KPR kepada nasabah adalah sebuah wujud pertanggungjawabannya terhadap negara. Artinya, pihak bank tidak akan memberikan pinjaman secara asal-asalan tanpa analisa.

Nasabah yang akan mengajukan KPR akan diperiksa dan dianalisa melalui proses BI Checking. Dengan demikian, pihak bank akan mengetahui potensi pemasukan serta kemampuan cicilan secara rinci. Secara tak langsung, ini berarti membantu nasabah untuk mengukur kemampuannya sendiri.

Baca Juga: 7 Negara Ini Bebas Pungutan Pajak Penghasilan

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diambil ketika Anda mengajukan KPR di masa lajang. Semoga bemanfaat dan terimakasih.

| Keuntungan Mengambil KPR Ketika Masih Lajang

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...