Mar 9 2016

Keuntungan Membangun Kilang Minyak Mini Bidikan Pemerintah

Bisnis.ijomuda.com – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun klang minyak dan gas (migas) mini, hal ini bertujuan untuk mengefisienkan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) ke daerah terpencil (remote area). Setidaknya, terdapat 8 lokasi yang dibidik pemerintah untuk membangun kilang mini tersebut.

Adapun 8 cluster yang dibidik pemerintah untuk pembangunan kilang mini tersebut adalah

keuntungan membangun kilang minyak mini

  • Cluster I-Sumatera Utara (Rantau dan Pangkalan Susu) dengan produksi 3.617 barel per hari (bph)
  • Cluster II-Selat Panjang Malaka (EMP Malacca Strait dan Petroselat) dengan produksi 4.427 bph
  • Cluster III-Riau (Tonga, Siak, Pendalian, Langgak, West Area, Kisaran) dengan produksi 2.391 bph
  • Cluster IV-Jambi (Palmerah, Mengoepeh, Lemang, dan Karang Agung) dengan produksi 1.280 bph
  • Cluster V-Sumatera Selatan (Merangin II dan Ariodamar) dengan produksi 2.629 bph
  • Cluster VI-Kalimantan Selatan (Tanjung) dengan produksi 2.523 bph
  • Cluster VII-Kalimantan Utara (Bunyu‎, Sembakung, Mamburungan, dan Pamusian Juwata) dengan produksi 8.059 bph
  • Cluster VIII-Maluku (Osiel dan Bula) dengan produksi 3.641 bph

Adapun keuntungan membangun kilang minyak mini bidikan pemerintah ini dinilai menjadi jawaban atas kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin banyak dan kendala distribusi BBM yang terhalang kondisi geografis. Peneliti dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Masykuri menilai, kilang mini yang bersifat portable dan dibangun di area terpencil serta dekat sumur bisa memberikan dampak ganda yang baik bagi masyarakat setempat.

Masykuri menjelaskan, dengan dibangunnya kilang minyak mini ini maka akan memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi kabupaten, kota, dan provinsi. Manfaat ekonomi ini sebagai pendorong tumbuhnya PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) lokal, seperti misalnya industri transportasi akan hidup, pabrik penggilingan padi hidup, pengusaha hidup, dll.

Baca Juga: Konsep Rumah Ramah Lingkungan

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja mengungkapkan, perlunya pembangunan kilang mini berdasarkan pada beberapa alasan, diantaranya yaitu:
Upaya untuk menekan biaya transportasi dari sumur minyak ke kilang. Wiratmaja mengatakan, selama ini pengolahan minyak mentah diolah jauh dari sumber minyak sehingga meningkatkan biaya operasi. Belum lagi, katanya, sejumlah kerugian (loses) terjadi selama transportasi dari sumber minyak kilang. Di antara loses yang terjadi, sebagian besar diakibatkan oleh pencurian minyak di sepanjang pipa.

Dia juga menambahkan bahwa kita adalah negara besar dan banyak remote area dan marginal field. Minyaknya sedikit cuma 3000 barel, tapi prosesnya banyak. Sehingga kalau bisa bangun kilang mini akan meningkatkan ketahanan nasional. Tutup Wiratmaja.

 

| Keuntungan Membangun Kilang Minyak Mini Bidikan Pemerintah

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...