Apr 2 2016

Kenali Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Harga Tanah

Bisnis.Ijomuda.com – Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya mengenai keuntungan memilih investasi tanah untuk masa depan. Hal ini telah terbukti, karena kini telah banyak sekali orang yang lebih memiliki berinvestasi jenis properti, terutama tanah. Alasannya, tanah tidak akan membusuk, tidak akan menurun harga jualnya, malah bisa lebih mahal tiap tahunnya dimana pun itu lokasinya. Harga tanah selalu meningkat dan tidak ditentukan oleh faktor tunggal.

Oleh sebab itulah, banyak sekali orang yang melirik investasi properti, terutama tanah. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi naiknya harga tanah? Berikut ini sajian artikelnya

Kenali Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Harga Tanah

faktor yang mempengaruhi naiknya harga tanah

  • Lokasi yang strategis

Lokasi tanah yang strategis ditentukan oleh pertimbangan ekonomis. Misalnya, jika lokasinya berdekatan dengan pusat kota atau pusat bisnis akan lebih menguntungkan, serta adanya fasilitas umum yang mendukung seperti swalayan, sekolah, dan sebagainya.

Dengan adanya fasilitas penunjang tersebut maka nilai ekonomis tanah yang dimiliki dapat semakin menjulang tinggi, karena termasuk tanah hidup atau dapat diberdayakan untuk pembangunan apapun tanahnya.

  • Penguasaan tanah oleh beberapa pihak

Misalnya developer dan para pemilik modal besar yang menanamkan modalnya cukup besar pada tanah ihngga ribuan hektar dan kemudian di jual kembali dengan keuntungan yang berlipat. Dengan adanya pengembangan dan investor yang melakukan pembelian dan penjualan tanah tersebut, maka dapat dipastikan harga tanahnya pun akan cenderung naik dantidak pernah turun karena faktor-faktor penunjang tanah yang memiliki nilai sudah dipertimbangkan sebelumnya.

  • Meningkatnya permintaan properti

Permintaan pembangunan properti terutama perumahan menjadi salah satu faktor penyebab harga tanah meningkat. Pasalnya, perkembangan properti di Indonesia terus meningkat, khususnya di Jakarta. Saat ini hampir semua jenis rumah diminati masyarakat. Mulai rumah subsidi, rumah tapak, maupun rumah komersial. Permintaan properti yang melaju kencang ini turut ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi yang membaik dan meningkatnya investasi dalam sektor ini.

  • Letak tanah berada di kawasan padat penduduk

Dengan banyaknya aktivitas penduduk, menandakan tempat tersebut hidup. Sehingga anda bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan dibuat koskosan, kontrakan hingga ruko yang dapat berkembang.

Selain itu, dengan adanya aktivitas yang aktif dari penduduk tersebut, maka hal tersebut juga dapat membantu anda dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, tanah yang berada di kawasan ini mumnya memiliki kekuatan hukul yang jelas seperti sertifikat dan hak milik lainnya. Namun bila tanah tersebut yang menjual bukan dari perseorangan misalnya dari pengembang, pastikan juga Izin pemnfaatan tanah atau IPT-nya selain dari sertifikat hak milik yang sudah ada.

  • Adanya benda-benda diatas lahan tersebut

Benda-benda tersebut bisa berupa bangunan tertentu tanaman yang bernilai ekonomis serta produktif. Hal tersebut dapat menambah nilai jual dari lahan tanah yang akan dijual.

  • Tingginya biaya pematangan lahan

Harga tanah yang melejit terpacu karena rumitnya pengurusan dan perizinan di belakang. Ada biaya-biaya lain yang ikut melekat saat mengurus pematangan lahan. Jadi, Anda bukan hanya harus membayar biaya pembelian tanah saja melainkan ada pula biaya registrasi, sertifikasi hingga perizinan pengembangan di atasnya. Tujuan dari pengeluaran biaya lain-lain tersebut demi membantu pematangan lahan supaya tanah yang Anda miliki atau Anda beli terbebas dari persoalan izin ilegal.

Baca Juga: Aturan Terbaru Tentang Pembayaran THR Karyawan

Nah, buat anda yang kini tengah mikir-mikir mau berinvestasi apa yang bisa menguntungkan, tentunya investasi tanah bisa jadi pilihan anda. Sudah jelas banget keuntungannya seperti apa dan cara perawatannya pun tidak susah. Gimana? Cukup menarik bukan buat anda yang ingin berinvestasi buat masa depan? selamat mencoba dan semoga sukses yah.

| Kenali Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Harga Tanah

  • Strategi Investasi yang Bikin Kekayaan Warren Buffett Bertambah

    Berita Bisnis,- Kekayaan Warren Buffett bertambah sekitar US$ 12 miliar pada 2016. Hal itu membuat dirinya mencatatkan keuntungan terbesar di AS berdasarkan...

  • 5 Langkah Anak Muda yang Jadi Investor Kelas Dunia

    Saat ini zaman sudah semakin berubah. Anak muda tak mau kalah dengan generasi tua. Seperti kelima anak muda yang jadi investor kelas...

  • Ikuti Cara Sukses Berinvestasi Saham Ala Warren Buffet

    Bagi Anda yang akan memulai usaha atau membuka bisnis baru dan juga investasi, salah satu modal untuk belajar hal mengenai itu semua...

  • 7 Negara yang Mengizinkan Jual Kewarganegaraan

    Hak kewarganegaraan penting sekali untuk penduduk suatu negara. Dengan hal ini, seseorang berhak untuk mendapatkan sesuatu yang telah dijanjikan negara dan mendapat...