Mar 19 2016

Jenis-Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

jenis-jenis rumput untuk taman rumah,- Rumput ialah tanaman yang paling umum diperlukan sebagai penutup permukaan taman. Hal ini sangat mudah dipahami lantaran rumput bisa memberikan kesan lebih asri & hijau pada taman. Tidak Hanya itu, penggunaan rumput pula dapat meminimalisir munculnya debu akibat tanah yang kering. Sifat rumput juga sangat baik dalam menyerap air maka rumput juga yaitu alternatif yang baik untuk menghindari genangan air di musim hujan.

jenis-jenis rumput untuk taman rumah

Jenis-Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

1.Rumput gajah

Rumput gajah ini bernutrisi tinggi & sejatinya untuk pakan ternak, seperti sapi, kambing & ternak yang lain. Tetapi rumput gajah ini serta dapat dijadikan sebagai rumput taman. Meskipun dilihat dari tekturnya yang kurang bagus, namun rumput gajah gampang tumbuh & tahan pada pijakan kaki manusia. Maka sangat sesuai untuk taman yang sering dilalui orang. Rumput gajah pertumbuhannya sangat cepat. Jadi kita harus rajin memotongnya.

2.Rumput gajah mini

Rumput gajah mini mungkin saat ini sedang jadi primadona. Sebab bila di bandingkan dengan rumput gajah biasa rumput gajah mini teksturnya lebih bagus & lebih kecil. Tetapi tetap sama seperti rumput gajah biasa, rumput gajah mini tahan pada pijakan kaki manusia. Maka cocok buat taman lokasi bermain anak-anak. Rumputnya juga dipotong cukup sebulan sekali. Rumput gajah mini akan tumbuh walaupun cuma memperoleh penyinaran matahari 50%. Untuk itu sangat cocok ditanam di area yang susah dijangkau oleh matahari.

3.Rumput gajah mini varigata

Tidak Sama dari 2 rumput gajah sebelumnya, rumput gajah mini varigata ini kelihatan unik. Dari segi penampilan, karakteristik & teksturnya , rumput gajah mini varigata ini serupa dengan ciri-ciri yg ada di rumput gajah mini. Cuma saja tidak sama di warna. Rumput gajah mini cuma mempunyai satu warna ialah hijau, sedangkan rumput gajah varigata ini mempunyai campuran warna putih pada setiap helai daunnya. Maka tampak bagus untuk taman di rumah. Tetapi harga rumput gajah mini varigata lebih mahal daripada rumput gajah mini biasa.

4.Rumput jepang

Daun rumput jepang kurus dna tumbuh rapat. Setiap bulan mesti dipangkas supaya sinar matahari bisa menembus bagian bawah, maka bagian bawahnya tidak berwarna kekuningan. Di Bandingkan rumput gajah mini, rumput jepang butuh pupuk urea yang lebih banyak. Biasanya perlu 2 kali penumpukan dalam sebulan.

5.Rumput swiss

Rumput swiss yaitu rumput paling halus dari seluruh jenis rumput Tetapi rumput ini memerlukan pencahayaan matahari yang penuh, minimal 80%. Rumput swiss tak boleh lembab, lantaran bila lembab akhirnya tidak akan maksimal. supaya rumput tetap bagus, pemotongan rumput minimal sebulan sekali.

Untuk pemberian pupuk pun lebih baik baik menggunakan pupuk urea di bandingkan dengan pupuk kandang. Karena seandainya memakai pupuk kandang akan menumbuhkan rumput liar & menyebabkan rumput swiss mati. Dari sisi harga , rumput swis paling mahal diantara rumput yang lain.

6.Rumput Golf

Rumput golf adalah rumput yang paling sulit dalam perawatan. Rumput ini memerlukan penyinaran matahari full 100%. Pemotongan rumputpun minimal 2 pekan sekali. Kalau inging menanam rumput golf di taman rumah, mesti konsultasi terlebih dulu dengan ahli landscape di sekitar tempat tinggal kita. Sebab rumput golf tak bisa tumbuh di sembarang tempat.

7.Rumput manila

Sesuai dengan namanya, jenis rumput ini berasal dari negeri filipina. Pertumbuhan rumput manila cukup lambat maka tak memerlukan perawatan yang ekstra. Selain itu, tekstur rumput ini halus maka sesuai untuk taman bermain anak-anak di rumah anda.

8.Rumput grinting/bermuda

Jenis rumput taman ini mampu bertahan dengan baik pada keadaan kering dikarenakan rumput ini berasal dari sabana afrika. Rumput bermuda ini pula mampu tumbuh dengan cepat pada daerah dengan curah hujan yang tinggi.

9.Rumput kentucky

Nama lainnya ialah poa pratensis, jenis rumput ini memiliki ciri khas warnanya yang hijau kebiruan maka banyak yang menamainya dengan istilah blugrasses. Rumput taman ini mampu jadi pilihan yang bagus & menarik untuk halaman rumah anda.

Baca juga : Cara Praktis Menata Rumah Agar Tetap Rapi

10.Rumput peking

Jenis rumput yang satu ini hampir serupa dengan rumput jepang. Yang berbeda , helai daunnya tumbuh lebih jarang & teksturnya lebih lembut.

Tampilan yang rapi & terkesan mewah membuat harganya relatif mahal. Soal perawatan, rumput peking ini mempunyai ketahanan cuaca yang baik di musim hujan.

  • Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Properti

    Saat ini bisnis properti menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat...

  • Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

    Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur...

  • Perkakas Penting yang Harus Tersedia di Rumah

    Ketika anda memiliki rumah baru, satu hal yang selalu diperhatikan adalah kondisi rumah juga berbagai perabotan penting seperti kursi, kasur, peralatan dapur,...

  • Tips Persiapan Renovasi yang Tepat dan Akurat

    Jika anda merasa bahwa rumah yang anda tempati saat ini sudah membutuhkan renovasi pada beberapa bagian atau keseluruhan, anda tentu membutuhkan berbagai...