Nov 26 2015

Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara

Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara,- Tidak Sedikit warga indonesia yang belum menyetor pajak, elemen ini disebabkan minimnya berita penduduk akan manfaat pajak itu sendiri. Padahal jika penduduk patuh akan pajak sehingga pembangunan & ekonomi negeri dapat meningkat yang berarti kesejahteraan penduduk juga meningkat.

jenis dan fungsi pajak

Jenis-Jenis Pajak

1.Jenis pajak berdasarkan pihak yang menanggung

  • Pajak langsung (Direct Tax) : pajak langsung ialah pajak yang dikenakan dengan cara berkala pada seorang atau badan bisnis berdasarkan ketentuan pajak. Misalnya penghasilan, pajak bumi & bangunan.
  • Pajak tak langsung (Indirect Tax) : Pajak yang deikenakan atas perbuatan atau peristiwa. Pemungutan pajak itu dipungut tidak dengan surat penetapan pajak & dapat dialihkan terhadap pihak lain. Contoh : pajak pertambahan nilai, pajak penjualan & cukai. Kepada pajak pertambahan nilai, pajak penjualan & cukai yang memungut ialah perusahaan & yang menanggung ialah pembeli.

2.Jenis-jenis pajak berdasarkan lembaga pemungut

  • Pajak negeri (pemerintah pusat) : Pajak yang pemungutannya dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Pajak yang termasuk juga pajak negeri yaitu pajak pendapatan, pajak penambahan bilai barang & jasa dari penjualan atau barang mewah.
  • Pajak daerah (pemerintah daerah) : Pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah, baik oleh daerah tingkat I ataupun oleh pemerintah daerah tingkat II. Pajak daerah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai rumah tangganya. Contoh : pemotongan hewan, pajak radio, pajak kendaraan, pajak bermotor, & pajak hiburan.

3.Jenis pajak berdasarkan sifatnya

  • Pajak subjektif : pajak yang berpangkal terhadap subjeknya (wajib pajak). Contoh : pajak pengghasilan & pajak bumi & bangunan.
  • Pajak objektif : Pajak yang dipungut berdasarkan objeknya tidak dengan memperhatikan wajib pajak. Contoh pajak penjualan & cukai.

Fungsi pajak

1.Fungsi anggaran (Budgetair) :

Fungsi Budgetair dinamakan yang merupakan penting pajak atau fungsi fiskal adalah satu buah fungsi di mana pajak dipergunakan juga sebagai fasilitas untuk memasukan dana dengan cara optimal ke kas negeri berdasarkan undang-undang perpajakan yang berlaku. Fungsi ini dinamakan fungsi penting lantaran fungsi inilah yang dengan cara historis pertama kali timbul. Disini pajak yaitu sumber pembiayaan negeri yang paling besar.

2.Sebagi sarana pengatur (Regulerend)

Fungsi Regulerend : Pajak dapat dijadikan sebagai intrumen untuk mencapai maksud tertentu. Contoh : Waktu pemerintah berkeinginan buat melindungi kebutuhan petani dalam negara, pemerintah akan menetapkan pajak penambahan seperti pajak import atau bea masuk, atas aktivitas import komoditas tertentu.

3.Sebagi alat penjaga stabilitas

Pemerintah bakal memanfaatkan media perpajakan buat stabilisasi ekonomi. Sebagaian beberapa-barang impor sebab pajak biar produksi dalam negara akan beradu. Buat menjaga stabilitas nilai tukar rupiah & menjaga agar defisit perdagangan tak makin melebar, pemerintah mampu menetapkan kebijakan pengenaan PPNBM kepada impor product tertentu yang bersifat mewah. Upaya tersebut dilakukan untuk meredam impor barang mewah yang berkonstribusi pada defisit neraca perdagangan.

4.Fungsi Redistribusi Pendapatan

Pemerintah membutuhkan dana untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan raya & jembatan. Kepentingan akan dana itu bakal dipenuhi lewat pajak yang cuma dibebankan terhadap mereka yang bisa membayar pajak. Tetapi begitu, infrastruktur yang dibangun tadi, bisa serta dipakai oleh mereka yang tak sanggup membayar pajak.

Baca juga : Daftar Pengusaha Indonesia Terkaya Di Asia

  • 10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

    Bisnis.Ijomuda.com РSumber pendapatan Negara kebanyakan didapat dari pemasukan pajak yang diberikan warganya ke pemerintah. Besarnya tarif pajak bervariasi  tergantung pajak yang...

  • Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

    Bisnis.Ijomuda.com – Menurut Budi Gunawan, selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang mendefinisikan pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk...

  • 7 Negara Ini Bebas dari Pungutan Pajak Penghasilan

    Informasi Bisnis | Pajak menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negara, bahkan di beberapa negara tertentu pajak yang ditentukan justru sangat...

  • Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara

    Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara,- Perekonomian negara sama halnya dengan perekonomian rumah tangga di mana mengenal sumber-sumber penerimaan dna pos-pos pengeluaran. Pajak...