Dec 24 2016

Inilah Mata Uang Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

Pemalsuan uang merupakan salah satu bentuk tindak kriminal yang sering terjadi. Demi mencegah hal ini terus merambah, desain uang pun dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Keaslian uang dapat dikenali melalui ciri-ciri yang terdapat baik pada bahan yang digunakan, desain, warna maupun pada teknik pencetakan uang tersebut. Semakin besar nilai nominal uang maka semakin banyak unsur pengamanan dari uang tersebut sehingga aman dari usaha pemalsuan. Oleh karena itu, mari kita kenali beberapa mata uang dunia yang sulit dipalsukan.

Inilah Mata Uang Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

Mata Uang Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

10 ribu Tenge, Kazakhstan
Uang ini adalah salah satu pecahan pertama yang menggunakan benang pengamanan yang bisa terlihat dari dua sisi. Benang tersebut memiliki tanda khusus dan transparan sehingga mudah untuk dikenali.

50 peso, Meksiko
Pecahan uang 50 peso Meksiko ini dibuat dari polimer plastik berlapis yang mampu berubah warna apabila uang tersebut dilipat, Fitur ini sangat sulit untuk ditiru apalagi dibuat dengan alat-alat rumahan.

1000 Kronor, Swedia
Pecahan uang ini dicetak oleh pemerintah Swedia dengan memiliki tanda pengamanan yang unik. Pecahan ini juga menggunakan benang mikrolens, sama dengan yang digunakan oleh pecahan 100 dolar Amerika Serikat.

10 dollar, Hongkong
Pecahan uang 10 dollar, Hongkong dibuat dengan menggunakan tinta khusus yang menyebabkan warnanya cerah dan sulit untuk ditiru. Jenis tinta tersebut juga membuat uang 10 dollar memiliki tekstur berbeda dari uang pada umumnya.

10 Rupee, Nepal
Uang pecahan 10 Rupee, Nepal dibuat dengan menggunakan benang melatik yang dicampurkan dalam kertasnya. Bahan polimer yang digunakan pun sangat khusus sehingga sangat sulit untuk dipalsukan.

10 Dinar, Irak
Huruf yang menonjol memberikan tekstur tersendiri dalam pecahan ini. Uang ini juga dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang pengamanannya hanya bisa dilihat dibawah sinar ultraviolet.

20 Pound sterling, Inggris
Uang ini mengandung benang holograp yang permanen. Tulisan dalam benangnya pun hanya bisa terbaca saat uang dilipat.

Selain beberapa mata uang diatas, ternyata pecahan uang terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pun kini disebut-sebut memiliki tingkat pengamanan paling baik. Pengamanan ini terdiri dari colour shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature (level 2), tactile effect dan restoverso. Oleh karena itu, hal ini bisa mengurangi tingkat kejahatan pemalsuan uang yang marak di Indonesia.

| Mata Uang Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...