Mar 2 2017

Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki tabungan yang cukup buat anak atau takut jika tiba-tiba salah satu anggota keluarga sakit, sehingga harus membayar biaya berobat yang cukup besar sehingga menguras isi tabungan.

Artikel terkait: 4 pertanyaan seputar finansial ketika akan menikah

Di sisi lain, rasa takut itu bukan sesuatu yang buruk. Jika Anda takut berarti Anda sadar akan melakukan suatu sebagai antisipasi untuk mencegah ketakutan tersebut. Dan berikut inilah ketakutan finansial dan cara mengatasinya.

Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

Aset berharga hilang dan rusak
Ini adalah salah satu ketakutan finansial dan cara mengatasinya yaitu dengan mengasuransikan barang-barang berharga tersebut ke perusahaan asuransi agar kerugian yang Anda derita ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Semua tabungan hilang karena kegagalan investasi
Ada ketakutan tersendiri apabila kita melakukan investasi, uang kita bisa habis dalam sekejap. Ketakutan seperti ini dapat saja terjadi jika pengelola investasi melakukan penipuan investasi, atau mengalami kegagalan investasi dalam jumlah besar.

Untuk mencegahnya, lakukan diversifikasi terhadap portofolio investasi Anda. Kenali dulu pengelola investasi tempat Anda akan menempatkan dana, apakah memiliki pengalaman yang cukup panjang dan nama baik. Selain itu, lihat pula keahliannya dari bermacam produk investasi yang dijual kepada konsumen, apakah memiliki keuntungan tinggi atau biasa saja.

Tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik
Ini merupakan sebuah ketakutan finansial umum yang dimiliki oleh banyak orang yang sudah memasuki usia kerja. Mencari pekerjaan baru itu terbilang sulit, apalagi pekerjaan yang memberikan gaji yang sesuai untuk kebutuhan hidup Anda sehari-hari.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara pelajari pekerjaan apa saja yang memiliki penghasilan tinggi. Setelah itu, tingkatkan kemampuan teknis Anda agar bisa diterima di pekerjaan tersebut. Kemudian, kembangkan keahlian Anda agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Semakin banyak keahlian yang Anda miliki, semakin berharga pula Anda di mata para pemberi kerja.

Tidak bisa melunasi utang
Banyak yang mengatakan, utang itu berbahaya dan jangan pernah berutang kemanapun. Utang akan berguna jika digunakan untuk hal yang produktif atau Anda berhutang sesuai dengan kemampuan. Jangan mengambil utang dengan cicilan melebihi 30% dari penghasilan rutin Anda.

Takut biaya kesehatan
Anda takut jika salah satu keluarga Anda sakit sehingga keluarga akan mengeluarkan biaya kesehatan yang cukup besar. Jika tidak memiliki asuransi, Anda harus membayar semua biaya kesehatan dari kocek pribadi atau tabungan keluarga.

Agar terhindar dari ketakutan ini, biasakanlah hidup sehat agar Anda terhindar dari sakit. Dengan kondisi tubuh yang sehat, Anda masih bisa bekerja dan memiliki penghasilan. Selain itu, belilah asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga. Jika ingin murah, beli asuransi kesehatan murni yang tidak dicampur dengan investasi agar lebih maksimal.

Takut biaya pendidikan
Banyak orang tua khawatir, semakin anak beranjak dewasa, orang tua tidak bisa membiayai pendidikan anak ke jenjang tinggi di universitas. Akibatnya, pendidikan si kecil hanya sampai sekolah menengah.

Persiapan biaya pendidikan buat si kecil perlu dilakukan sejak awal dan rutin. Mulailah menabung biaya pendidikan sekarang juga. Biaya pendidikan tersebut disisihkan setiap bulan dari penghasilan Anda.

Jika ingin dananya lebih cepat berkembang, simpanlah biaya pendidikan tersebut ke dalam instrument investasi seperti reksadana, baik secara rutin bulanan maupun dalam jumlah besar.

Nah, semoga dengan mengetahui berbagai ketakutan finansial dan cara mengatasinya ini Anda bisa lebih paham dan bijak dalam mengambil langkah mengatasi masalah finansial yang saat ini Anda alami.

| Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...

  • Trik Mendapatkan Ide Brilian Untuk Berbisnis

    Berpikir kreatif dan inovatif menjadi salah satu modal dalam berbisnis. Menghasilkan gagasan bisnis tentu bukan hal yang mudah, karena gagasan yang bagus...