Feb 27 2017

Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap Anda menggunakannya dan yang satunya mengirim tagihan di akhir bulan untuk setiap transaksi yang dilakukan. Karena prinsipnya belanja di awal, bayar belakangan. Maka banyak orang yang menghindari kartu kredit karena takut terjebak utang. Kartu debit memang mencegah Anda dari terlilit utang, namun dari segi keamanan, kartu kredit sebenarnya lebih aman. Dan berikut inilah alasan kartu kredit lebih aman dari kartu debit.

Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

Kartu kredit melindungi barang pembelian

Bank penerbit kartu kredit bisa memberikan asuransi kepada nasabah selama bertransaksi menggunakan kartu kredit. Misalnya Anda membeli tas branded di luar negeri, lalu dalam perjalanan pulang ke tanah air, tas tersebut hilang atau rusak.

Bank penerbit kartu kredit bisa memberikan garansi berupa barang baru atau menggantinya dengan uang. Namun perlu dicatat, tidak semua penerbit kartu kredit memberikan jaminan seperti itu.

Apabila terjadi penyalahgunaan, kostumer bisa melakukan penyanggahan transaksi

Jika kartu kredit disalahgunakan, misalnya terjadi transaksi namun Anda merasa tidak melakukannya, Anda bisa mengajukan keberatan. Jika dikabulkan, uang Anda mungkin kembali.

Tapi kalau kartu debit Anda yang disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab, Anda harus merelakan uang yang terkuras karena pembelian tersebut dianggap pembelian atas kesadaran pribadi. Jika terjadi penyalahgunaan kartu kredit, nasabah bisa melakukan penyanggahan transaski dan memblokir kartu kredit.

Kartu kredit dilengkapi nomor VCC

Kartu debit hanya dilengkapi PIN untuk keamanan transaksi, sedangkan kartu kredit dilengkapi nomor VCC. Nomor VCC adalah tiga digit nomor yang ada di belakang kartu.

Jadi saat bertransaksi online, nasabah harus mengisi nama lengkap, bulan dan tahun berlaku kartu kredit, nomor kartu kredit, serta nomor VCC. Barulah transaksi bisa dilakukan.

Nah jadi itulah beberapa fitur keamanan yang disediakan oleh kartu kredit dibanding kartu debit. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

| Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

  • Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

    Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit...

  • Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

    Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...

  • 5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

    Info bisnis,- Penggunaan kartu kredit saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam 10 tahun terakhir, terutama setelah semakin meningkatnya taraf hidup...