Aug 12 2016

Hambatan untuk Membeli Rumah Bagi yang Masih Lajang

Memiliki sebuah rumah tentu menjadi impian setiap orang, bahkan untuk mereka yang masih lajang sekalipun. Namun, nyatanya membeli sebuah rumah ketika anda masih lajang tidaklah mudah, ada beberapa hambatan atau masalah umum yang dihadapi mereka yang belum berumah tangga ketika berkeinginan untuk membeli sebuah hunian impian, di antaranya :

hambatan untuk membeli rumah bagi yang masih lajang

Gaji yang masih terbatas

Bagi anda yang baru saja mulai untuk bekerja, anda akan memiliki masalah pada kemampuan finansial yang belum memenuhi. Ketika ditanya masalah angsuran, kemungkinan anda akan bisa menyanggupinya, namun untuk uang muka atau DP nya bagaimana ? Uang DP untuk sebuah rumah itu tidak sedikit, sehingga membutuhkan kesiapan yang matang. Selain itu, untuk lulusan baru, anda hanya bisa mendapatkan gaji terbatas kisaran mencapai Rp 4 juta (menurut UMR masing-masing).

Kepercayaan Bank

Dalam melakukan pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah  (KPR) pada sebuah Bank, tentu bukan hal yang mudah untuk dijalankan. Karena, Bank tersebut akan menilai sejauh mana kemampuan finansial anda. Jika anda baru saja mendapatkan pekerjaan, pihak Bank tak akan bisa menyetujui pengajuan KPR tersebut dengan sembarangan.

Jangan pinjam uang DP dari Bank

Sebaiknya hindari meminjam uang muka untuk rumah dari Bank, karena hal ini hanya akan memberatkan anda nantinya. Selain angsuran yang harus anda bayar tiap bulan, anda juga harus mengangsur uang muka tersebut pada pihak Bank. Sebaiknya anda kumpulkan terlebih dahulu uang muka sari gaji anda, sehingga hal seperti ini akan lebih membantu dan memudahkan anda sendiri.

Perilaku konsumtif

Masalah yang satu ini rasanya tak akan bisa lepas dengan mudah bagi kebanyakan orang, mungkin termasuk anda sendiri. Bukan hanya tak bisa menabung untuk memiliki uang muka sebuah rumah, uang yang anda dapatkan dari gaji pertama atau gaji selanjutnya hanya dihabiskan untuk membeli banyak barang yang mungkin malah justru tak bermanfaat sama sekali.

Jika ingin lebih cepat memiliki rumah, maka anda harus lebih berniat dan berusaha mengumpulkan uang dari gaji bulanan untuk ditabung. Sikap hemat, membeli sesuatu sesuai fungsi, kecukupan finansial, dan pemikiran lainnya akan membantu anda untuk mendapatkan hal yang diimpikan dengan segera.

  • Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Properti

    Saat ini bisnis properti menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat...

  • Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

    Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur...

  • Perkakas Penting yang Harus Tersedia di Rumah

    Ketika anda memiliki rumah baru, satu hal yang selalu diperhatikan adalah kondisi rumah juga berbagai perabotan penting seperti kursi, kasur, peralatan dapur,...

  • Tips Persiapan Renovasi yang Tepat dan Akurat

    Jika anda merasa bahwa rumah yang anda tempati saat ini sudah membutuhkan renovasi pada beberapa bagian atau keseluruhan, anda tentu membutuhkan berbagai...