Nov 16 2016

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah suatu bentuk fasilitas kredit yang diberikan kepada setiap orang yang memiliki pendapatan atau penghasilan secara tetap maupun tidak tetap. Kredit multiguna ini menawarkan dana segar untuk kita yang sedang membutuhkan pinjaman dalam waktu yang singkat. Selain itu, jumlah penawarannya yang cukup besar dan waktu yang juga tidak terlalu lama terkadang membuat kita tergiur dan melupakan apa dampak yang bisa terjadi ke depannya.

Tidak hanya itu, dengan banyaknya jenis kredit multiguna ini juga akan membuat para calon debitur cukup kebingungan saat harus memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan pendapatannya. Maka dari itu, sebaiknya teliti dan perhitungkan terlebih dahulu sebelum memilih kredit multiguna, karena jika salah memilih risikonya cukup besar. Berikut dibawah ini hal yang perlu diperhatikan saat memilih kredit multiguna.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Multiguna

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Multiguna

Perhatikan tingkat cicilan bunga

Semua jenis pinjaman kredit multiguna memiliki tingkatan bunga yang nilainya bervariatif. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih yang tingkat suku bunganya kecil dan cicilannya paling rendah.

Jangan melakukan kesalahan dengan memilih tingkat bunga yang tinggi, karena saat tidak sanggup membayarnya dan waktu sudah melebihi jatuh tempo, anda akan kesulitan sendiri.

Baca Juga: Bisnis ekonomi

Memilih lembaga keuangan yang kredibel

Artinya, Anda harus memilih lembaga keuangan atau lembaga terkait lainnya yang memiliki kredibilitas yang baik. Hal tersebut akan membantu Anda terhindar dari kerugian.

Memang benar adanya, bahwa kredit multiguna ini dikeluarkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berdasarkan Peraturan No. 29/POJK, 05/2014, dan tentunya untuk dimanfaatkan dalam membantu masalah keuangan para calon Debiturnya.

Namun, akhir-akhir ini ternyata banyak dijumpai bahwa Lembaga-Lembaga tersebut malah ada yang membuat rugi calon debiturnya.

Teliti terhadap promo pinjaman yang ditawarkan

Beberapa kasus yang sering terjadi, dan malah merugikan calon debiturnya adalah menawarkan promosi pinjaman tertentu, tanpa menyangkut soal BI Checking. Ciri lainnya adalah pinjaman yang ditawarkan akan disertai nilai bunga yang cukup tinggi yang hanya akan membebani pembayaran kita nantinya.

Baca Juga: Kesalahan Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Jika sudah terjebak dalam hal seperti itu, kerugian yang akan di dapat serta keadaan keuangan kita menjadi tidak terkontrol.

Berhati-hati dalam memilih lembaga keuangan atau multifinance tertentu

Untuk anda para calon Debitur yang hendak mengajukan pinjaman cepat, baik itu terhadap lembaga Keuangan resmi maupun multifinance yang ada di sekitar daerah Anda, pastikan Anda mampu menentukan nilai kredibilitas dari lembaga tersebut, lalu menyeleksi lembaga-lembaga tersebut dan hindari jika ada tingkat suku bunga yang terlalu tinggi yang ditawarkan. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dalam memilih kredit multiguna.

Maka dari itu, Anda sebagai calon debitur jangan hanya mengutamakan kebutuhan Anda akan pinjaman uang tersebut. Namun, coba untuk memikirkan dampaknya setelah kita melakukan pinjaman kredit multiguna tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa.

| Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Multiguna

  • Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

    Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap...

  • Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

    Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit...

  • Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

    Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...