Apr 15 2016

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Rumah

Bisnis.Ijomuda.com – Ketika anda berniat untuk membeli rumah, banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu bagaimana cara membayarnya. Nah, untuk solusinya, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia lebih memilih dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Oleh karena itu, banyak sekali iming-iming pembelian suku bunga murah yang berdatangan dari bank. Untuk membekali supaya anda tidak menyesal. Mari kita kenali beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kredit rumah.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Rumah

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Rumah

  • Biaya penilaian jaminan

Ada beberapa Bank yang mensyaratkan adanya biaya penilaian jaminan pada saat awal pengajuan KPR dengan kemungkinan kondisi bila kredit ditolak, maka biaya penilaian jaminan tidak bisa dikembalikan oleh pihak Bank walaupun laporan penilaian jaminan dapat diperoleh calon peminjam. Untuk mengatasi hal ini, maka pilihlah KPR Bank yang baru akan membebankan biaya penilaian jaminan hanya apabila KPR disetujui oleh BANK.

  • Besarnya uang muka KPR

Besarnya uang muka KPR berkisar antara 10-15% dari harga rumah atau apartemen untuk tipe bangunan sampai dengan tipe 70m2. Sedangkan uang muka untuk tipe bangunan diatas tipe 70m2 sebesar 30% dari harga rumah atau apartemen. Untuk uang muka disarankan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda. “Semakin besar uang muka, maka akan semakin ringan cicilannya”.

  • Besarnya suku bunga KPR

Sebaiknya, anda jangan langsung tergiur dengan rendahnya suku bungan KPR yang ditawarkan, namun pastikan terlebih dahulu anda mengetahui cara perhitungan suku bungan KPR tersebut.

  • Cara perhitungan suku bunga

Untuk mengetahuinya, anda bisa meminta terlebih dahulu simulasi tabel cicilan yang menunjukkan besarnya cicilan bulanan anda. Anda dapat meminta hal ini pada direct sales bank, tenaga sales developer atau agen broker rumah.

  • Masa Pinjaman KPR

Kebanyakan Bank memberikan masa pinjaman KPR maksimal 15 tahun, namun saat ini ada juga Bank yang sudah dapat mengakomodir masa pinjaman sampai dengan 20 tahun. Hal ini sangat menarik dikarenakan dengan memperpanjang tenor kredit dapat mengurangi besarnya cicilan yang harus anda bayarkan.

  • Metode pengambilan cicilan pokok dan bunga

Fitur KPR saat ini umumnya mengharuskan anda untuk membayarkan cicilan pokok dan cicilan bunga setiap bulan dari total pinjaman anda. Akan tetapi, ada juga inovasi KPR yang flexible dimana selama masa tahun-tahun awal pinjaman, Anda diperkenankan cukup membayar sebagian pokok dan bunga dari total pinjaman Anda. Hal ini menarik karena Anda dapat mengurangi besarnya cicilan yang Anda bayarkan setiap bulan pada tahun-tahun awal tersebut.

  • Besarnya biaya administrasi KPR

Pastikan Anda mengetahui perkiraan biaya KPR di awal pada saat pengajuan pinjaman untuk nantinya memudahkan anda mengatur cash flow pembayaran uang muka rumah/apartemen dan biaya administrasi KPR anda.

  • Biaya pinalti pelunasan dipercepat KPR baik sebagian atau seluruh pinjaman

Pastikan bahwa KPR Anda sangat fleksibel sehingga kapanpun Anda memiliki kelebihan dana dan ingin melunasi sebagian ataupun seluruhnya pinjaman Anda dapat dilakukan dan tidak dikenakan pinalti.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan BPJS Kesehatan dan Asuransi dari Kantor

Itulah beberapa hal yang mesti anda perhatikan ketika anda hendak mengkredit rumah atau apartemen.

| Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Rumah

  • Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Properti

    Saat ini bisnis properti menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat...

  • Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Dari Bapak Jokowi

    Presiden Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat Jokowi adalah seorang pebisnis sukses dibidang furnitur...

  • Perkakas Penting yang Harus Tersedia di Rumah

    Ketika anda memiliki rumah baru, satu hal yang selalu diperhatikan adalah kondisi rumah juga berbagai perabotan penting seperti kursi, kasur, peralatan dapur,...

  • Tips Persiapan Renovasi yang Tepat dan Akurat

    Jika anda merasa bahwa rumah yang anda tempati saat ini sudah membutuhkan renovasi pada beberapa bagian atau keseluruhan, anda tentu membutuhkan berbagai...