Feb 16 2016

Hal Yang Dilakukan Saat Kartu Kredit Hilang

Saat Kartu Kredit Hilang, Jangan Panik, Lakukan Hal ini!

Di kalangan penduduk perkotaan, kartu kredit pasti sudah bukan hal baru lagi. Bahkan, kartu ini seakan menggeser fungsi uang dalam tiap-tiap transaksi ekonomi.

Tidak heran apabila kartu kredit dinamakan juga sebagai kartu sakti lantaran kemudahan dan kepraktisannya untuk digunakan.

Biarpun hanya sebuah kartu, tetapi bukan sembarang kartu sebab kartu kredit merepresentasikan keuangan Kamu. Tidak cuma wajib dijaga kerahasiaan data yang tersimpan didalamnya, namun juga kondisi fisiknya.

Kalau sampai Kartu Kredit Hilang, bisa berabe urusannya. Bagaimana tidak? Orang lain bisa saja menggunakannya untuk bertransaksi, sedangkan Kamu mesti gigit jari lantaran mesti membayar tagihannya.

Lantas, apa yang mesti dilakukan kalau kartu kredit menghilang? Pastikan untuk tak panik, lantaran kepanikan justru mengakibatkan Kamu tak dapat berpikir dengan tenang dalam mengambil tindakan.

Hal Yang Dilakukan Saat Kartu Kredit Hilang

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan kalau Kamu kehilangan kartu kredit sehingga tak menimbulkan akibat buruk pada keuangan Kamu!

1. Lapor Bank Penerbit supaya Kartu Diblokir

Ketika Kamu menyadari sudah kehilangan kartu kredit, segeralah lapor ke bank penerbit kartu. Via telepon lebih disarankan, lantaran pelayanan by phone siap diberikan selama 24 jam, sedangkan mendatangi bank secara langsung cuma dapat dilakukan pada saat jam kerja.

Perlunya melaporkan perihal kehilangan kartu kredit ke bank penerbit ini ialah memberikan informasi bahwa kartu kredit Kamu telah hilang. Mintalah pemblokiran untuk kartu kredit tersebut supaya tak dapat digunakan melakukan transaksi oleh siapapun.

Atas laporan kehilangan kartu kredit ini, biasanya pihak bank bakal menanyakan identitas Kamu, nomer kartu kredit, masa berlaku, nominal transaksi terakhir, dan sebagainya. Tetaplah tenang biar Kamu dapat memberikan informasi yang valid.

2. Lapor Kehilangan Kartu Kredit di Kantor Polisi

Untuk kasus kehilangan kartu kredit, lapor ke bank penerbit kartu saja tak cukup, namun mesti dilanjutkan dengan membuat laporan kehilangan di kantor polisi. Perlunya surat keterangan kehilangan dari kantor polisi ini supaya bank dapat menerbitkan kartu kredit baru untuk Kamu sebagai pengganti kartu kredit yang hilang.

Setelah Kamu mendapatkan surat keterangan kehilangan kartu kredit tersebut, segeralah fotokopi setelah itu serahkan yang asli pada pihak bank. Tidak perlu menunggu lama, Kamu dapat memperoleh kartu kredit yang baru.

3. Cek Transaksi Kartu Kredit

Kehilangan kartu kredit benar-benar riskan, bisa-bisa digunakan oleh orang yang menemukannya apabila tak mempunyai itikad baik untuk mengembalikan. Pembobolan kartu kredit bisa saja terjadi untuk melakukan transaksi bernilai besar, setelah itu penagihannya masih ditujukan pada Kamu.

Oleh sebab itu, Kamu wajib melapor ke bank sesegera mungkin ketika sadar kartu kredit tak ada di tempat penyimpanannya. Tidak cuma itu, Kamu juga perlu memeriksa transaksi kartu kredit terakhir. Apakah transaksi terakhir itu dilakukan oleh Kamu atau bukan. Apabila bukan, maka Kamu dapat mengajukan komplain ke bank.

4. Tutup Kartu Kredit Lama

Penggantian kartu kredit yang hilang tak serta-merta menjadikan situasi aman terkendali. Pastikan bahwa kartu kredit lama Kamu yang sudah hilang telah ditutup maka tak bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi.

Kalau Kamu mempunyai akun PayPal dengan kartu kredit yang lama, maka hapuslah dan buat akun baru dengan No. kartu kredit yang baru. Hal ini penting dilakukan supaya segala transaksi baik pemasukan ataupun penagihan tidak masuk ke kartu kredit yang lama.

5. Buat Kartu Kredit Baru

Kalau Kamu yakin telah menutup kartu kredit yang lama, setelah itu Kamu bisa minta kartu kredit yang baru. Pasti tak hanya sekadar mengganti kartu saja. Untuk menjaga keamanan, pihak bank penerbit kartu kredit dapat meminta data diri Kamu kemudian melakukan verifikasi. Setelahnya, pihak bank dapat memberikan kartu kredit baru yang dapat Kamu pakai.

Janganlah Panik, Ikuti Langkah di Atas

Bagaimana, mudah bukan? Sekali lagi, Kamu tak perlu panik waktu kehilangan kartu kredit. Ketahui prosedur dan langkah-langkahnya, sehingga kehilangan kartu kredit tak bakal memunculkan dampak buruk pada keuangan Kamu. Tetapi untuk mengantisipasinya, simpanlah kartu kredit di ruangan yang aman. Bila bepergian selalu cek barang bawaan, biar Kamu bisa langsung menyadari ketika ada sesuatu yang tak berada di tempat semestinya.

Baca juga : Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Rumah

  • Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

    Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap...

  • Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

    Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit...

  • Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

    Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...