Mar 10 2016

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

faktor yang mempengaruhi harga emas,- Lemahnya kurs dolar AS ini akan dapat mendorong naiknya harga emas di dunia. Saat tingkat suku bunga naik, ada usaha besar untuk menaruh uang deposito di bandingkan emas yang tak menghasilkan bunga sama sekali. Faktor ini mampu memunculkan tekanan harga emas. Untuk sebaliknya, disaat suku bunga sedang turun, harga emas ini akan naik.

 

faktor yang mempengaruhi harga emas 02

Ditahun 1998 , nilai tukar rupiah ini merosot dengan tajam pada dolar Amerika Serikat, pemerintah langsung menaikan tingkat suku bunga dengan cara signifikan. Dengan harapan, menahan kecepatan kenaikan nilai tukar dolar AS. Akibat dari itu meski tingkat suku bunga naik, harga emas pun juga ikut naik.

Dan terlihat pula tingkat suku bunga yang sangat berpengaruh terhadap harga emas di indonesia. Disaat ini harga emas akan meroket tak terkendali sebab kepanikan finansial seperti krisis moneter. Hal ini dapat terjadi lantaran masyarakat tak suka memegang uang kertas & lebih memilih menaruh kekayaannya tersebut dalam bentuk emas.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

1.Perubahan kurs

Perihal yang paling besar peranannya dalam perubahan harga emas di indonesia yaitu perubahan kurs dari dolar AS ke rupiah. Perubahan kurs ini terjadi kalau melemahnya kurs dolar AS yang dapat mendorong kenaikan harga emas. Turunnya harga emas yakni saat tingkat suku bunga naik, sehingga orang akan lebih menyimpan uang dalam wujud deposito yang berbunga daripada emas. Sedangkan emas naik nilainya ketika kurs dolar AS turun.

Baca juga : keuntungan membangun kilang minyak mini bidikan pemerintah

2.Jumlah permintaan & penawaran barang

Faktor (permintaan & penawaran) atau yang lebih dikenal bersama supply and demand ini juga yaitu hal mutlak yang mempengaruhi perubahan harga emas. Disaat peminat emas meningkat, sehingga secara otomatis harga emas makin mahal, sebaliknya disaat peminat emas menurun sehingga harga akan turun.

3.Laju inflasi yang tidak terkendali

Inflasi atau kenaikan harga dengan cara konsisten menerus dapat juga mengakibatkan harga emas jadi mahal. Waktu inflasi meleset atau melebihi prediksi pemerintah, emas umumnya diburu. Inflasi yang meleset biasanya dijadikan indikator bahwa keadaan ekonomi sedang tak menentu menciptakan emas diburu maka menyebabkan emas naik sebab naiknya permintaan.

4.Produksi emas dunia

Produser penting emas ialah Afrika Selatan, China, Australia, Amerika Serikat, Russia & peru. Produksi emas dunia dapat mempengaruhi harga emas yang merupakan akibat dari permintaan & panawaran. Pada tahun 2010 produksi emas dunia naik 3% atau sekitar 2,652 ton dibandingan tahun sebelumnya, namun demikian sebenarnya produksi emas dunia condong terus turun sejak awal 2000. Salah satu faktor penyebabnya ialah semakin susahnya penambangan emas. Panambang mesti menggali lebih dalam lagi utk memperoleh cadangan emas bumi yang berkulaitas & dampak pekerjaan tambang meningkat. Ini menyebabkan biaya produksi meningkat yang pada akhirnya pula menyebabkan naiknya harga emas dunia.

4.Situasi ekonomi

Sekitar 80% dari keseluruhan suplai emas diperlukan industri perhiasan. Mengonsumsi perhiasan ialah pengaruh yang besar pada sisi permintaan. Waktu keadaan ekonomi meningkat, kebutuhan akan perhiasan cenderung naik. Tapi , dari data statistik terlihat kebutuhan akan perhiasan lebih sensitif terhadap naik turunnya harga emas di bandingkan meningkatnya keadaan ekonomi.

5.Keadaan politik dunia

Ketegangan politik dunia , contohnya AS dengan iran, AS dengan Timur Tengah atau ketegangan lain yang membuat suhu politik meninggi & mengakibatkan ketidakpastian ekonomi membuat harga emas naik.

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

    Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...