Oct 22 2016

Deretan 5 Kasus Penipuan Investasi Terbesar di Dunia

Dunia bisnis tidak luput dari kata investasi. Dengan berinvestasi maka kita bisa menumbuhkan kekayaan. Tetapi, Anda juga harus jeli dalam memilih produk investasi. Dikarenakan saat ini masih banyak investasi bodong atau penipuan investasi dengan iming-iming untung besar.

Seperti kasus yang tengah terjadi pada Dimas Kanjeng Taat Pribadi sekarang ini, Ia mengaku bahwa dirinya bisa menggandakan uang yang menyetorkan mahar miliaran rupiah. Namun, kasus seperti ini bukan hanya terjadi di Tanah Air saja (Indonesia), namun juga di luar negeri pun ada tindak kejahatan yang seperti itu. Berikut dibawah ini beberapa kasus penipuan investasi terbesar di dunia.

Deretan 5 Kasus Penipuan Investasi Terbesar di Dunia

Deretan 5 Kasus Penipuan Investasi Terbesar di Dunia

Dilansir dari liputan6.com kami menyisir beberapa kasus yang pernah terjadi di dunia mengenai kejahatan investasi. Dan berikut ini deretan 5 kasus penipuan investasi terbesar di dunia.

Charles Ponzl
Lahir dari keluarga miskin namun memiliki otak yang cerdas, sehingga dia bisa kuliah di University of Rome La Sapienza Italia. Namun, kecerdasannya tersebut dia gunakan untuk menipu banyak orang di Amerika pada tahun 1920.

Modus penipuan yang ia lakukan yaitu dengan memperkenalkan sebuah kupon khusus yang dapat diperjual belikan sebagai pengganti perangko di seluruh dunia. Selain itu, dia juga memanfaatkan ketertarikan orang-orang dengan menawarkan 50% keuntungandalam waktu 45 hari dan 100% keuntungan selama 90 hari untuk orang-orang yang menanamkan uang pada proyek yang dijualnya.

Maka tak heran, dalam beberapa hari Ia bisa mengumpulkan ribuan dollar, padahal dia menggunakan uang dari investor terbaru untuk membayar investasi dari investor sebelumnya setelah 90 hari. Hingga saat ini skema Ponzi masih banyak dilakukan oleh pelaku investasi bodong yaitu dengan memberikan uang investasi dari si A kepada si B seakan-akan uang tersebut adalah keuntungan.

Kweku-Adoboli
Adalah warga negara Ghana. Dia merupakan lulusan dari Universitas Nottingham dan mendapat pekerjaan perusahaan investasi UBS British. Adoboli menciptakan transaksi fiktif yang melebihi batas perdagangan yang dibolehkan oleh otoritas bursa London.

Aksinya ini meliputi investasi dalam perdagangan tidak sah sebesar US$ 2,3 miliar. Bahkan, selama bertugas di UBS, Adoboli memanipulasi catatan keuangan dan menyembunyikan semua kerugiannya yang mencapai £ 1,5 miliar. Jumlah ini menjadi penipuan terbesar dalam sejarah Inggris.

Kim Woo Choong
Pendiri Daewoo Group asal Korea Selatan ini dituduh melakukan penipuan investasi terbesar di Asia dengan memalsukan laporan keuangan sehingga menggelembungkan nilai ekuitas Daewoo sebesar US$ 32 miliar dari nilai sebenarnya. Sehingga dia ditangkap pada tahun 2005 setelah melarikan diri ke Prancis dan dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun atas kejahatan penipuan sebesar US$ 22 miliar.

Kenneth Lay
Dia adalah mantan CEO Enron, dimana dulu perusahaan Enron dianggap sebagai perusahaan paling inovatif di Amerika pada tahun 2001 dan memiliki 22.000 karyawan dengan keuntungan mencapai US$ 101 miliar. Namun ternyata, hal tersebut adalah modifikasi pembukuan. Sehingga perusahaan Enron mengalami kebangkrutan. Pihak berwajib akhirnya mengungkapkan jika Enron melakukan manipulasi rekening, praktif insider trading dan memiliki beberapa kemitraan fiktif.

Kenneth Lay mengakut tidak bersalah, namun ia dihukum atas 6 tuduhan penipuan surat berharga dan dijatuhi hukuman 45 tahun penjara, namun meninggal pada 5 juli 2006 sebelum kalimat vonis diberikan.

Bernard Madoff
Adalah seorang manager investasi dari New York dan Wall Street melakukan penipuan investasi hingga US$ 65 miliar. Dia memanfaatkan kedudukannya, dan meyakinkan kliennya untuk menanamkan uang dengan pengembalian 90%.

Penipuan ini mengakibatkan ribuan individu, organisasi aman dan bank merugi. Madoff ditangkap pada Desember 2008 dan didakwa dengan penipuan sekuritas. Ulahnya ini mendapat hukuman 150 tahun penjara.

Itulah kasus-kasus penipuan investasi yang pernah terjadi di dunia. Semoga kita bisa lebih memilih dan melihat mana yang baik dan tidak baik. Dan sebaiknya sebelum Anda berinvestasi, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara berinvestasi dengan aman dan benar. Semoga bermanfaat

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Ini Dia Profesi Tanpa Gelar Sarjana dengan Gaji Besar

    Bisnis,- Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan tinggi akan menjamin gaji seseorang akan tinggi pula. Sejak masa kanak-kanak, tekanan teman...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...