Oct 26 2015

Cara Mudah Membuat NPWP Secara Online

Mendaftar NPWP bisa secara online maupun secara langsung, hal ini sama saja. Namun, dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, seperti misalnya mendaftarkan NPWP. Salah satu terobosannya yaitu dengan menggunakan E-Registration yang merupakan pendaftaran NPWP secara online.

e-registration

Dengan adanya metode seperti ini akan memudahkan anda, bahkan anda bisa melakukannya ditempat tidur dengan layanan E-Registration dari kantor pajak. Namun, sedikit memakan waktu 14 hari. Berbeda dengan mendaftarkannya secara langsung ke kantor pajak. Meski mudah, namun tetap ada ketentuan-ketentuan yang harus anda siapkan.

Ketentuan-Ketentuan Saat Pendaftaran NPWP Secara Online

  • Dilakukan secara elektronik dengan mengisi Formulir Pendaftaran online pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di pajak.go.id.
  • Permohonan pendaftaran yang telah disampaikan oleh Wajib Pajak melalui Aplikasi e-Registration dianggap telah ditandatangani secara elektronik atau digital dan mempunyai kekuatan hukum.
  • Untuk panduan penggunaan Aplikasi e-Registration dapat dilihat pada halaman situs Aplikasi e-Registration pada tautan berikut: Help e-Registration
  • Wajib Pajak yang telah menyampaikan Formulir Pendaftaran Wajib Pajak melalui Aplikasi e-Registration harus mengirimkan dokumen yang disyaratkan ke KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha Anda. Pengiriman dokumen bisa dilakukan secara manual maupun secara elektronik, yaitu dengan meng-unggah/meng-upload scan/foto dokumen.
  • Dokumen-dokumen tersebut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sudah diterima oleh KPP, dan jika belum diterima juga, maka permohonan NPWP dianggap dibatalkan.
  • Apabila dokumen yang disyaratkan ini telah diterima secara lengkap, KPP menerbitkan Bukti Penerimaan Surat secara elektronik, dan kantor pajak akan menerbitkan kartu NPWP paling lambat 1 hari kerja.
  • Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar disampaikan kepada Wajib Pajak melalui pos tercatat. Jadi, pastikan alamat yang Anda cantumkan pada Formulir Pendaftaran Wajib Pajak adalah benar dan lengkap.

Baca Juga: Seleksi CPNS Bakal Kembali Digelar

Nah, itulah cara mudah membuat NPWP secara online. Semoga artikel ini memudahkan anda untuk membuat pendaftaran NPWP. Terimakasih, semoga membantu anda.

| Cara Mudah Membuat NPWP Secara Online

  • 10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

    Bisnis.Ijomuda.com РSumber pendapatan Negara kebanyakan didapat dari pemasukan pajak yang diberikan warganya ke pemerintah. Besarnya tarif pajak bervariasi  tergantung pajak yang...

  • Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

    Bisnis.Ijomuda.com – Menurut Budi Gunawan, selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang mendefinisikan pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk...

  • 7 Negara Ini Bebas dari Pungutan Pajak Penghasilan

    Informasi Bisnis | Pajak menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negara, bahkan di beberapa negara tertentu pajak yang ditentukan justru sangat...

  • Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara

    Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara,- Perekonomian negara sama halnya dengan perekonomian rumah tangga di mana mengenal sumber-sumber penerimaan dna pos-pos pengeluaran. Pajak...