Feb 21 2017

Cara Mencapai Kesuksesan Tanpa Gelar Sarjana

Berita Bisnis,- Zaman sekarang tidak sedikit orang yang memiliki pikiran bahwa orang yang berpendidikan tinggi akan mudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan bagaimana dengan orang yang hanya lulusan SMA atau SMK saja? Orang yang memiliki pikiran ini termasuk orang yang salah besar. Karena saat ini, sudah banyak kita temui orang-orang sukses yang bahkan tidak berpendidikan tinggi, seperti misalnya Amancio Ortega yang merupakan pendiri toko busana terbesar yaitu Zara yang pada usia 14 tahun ia meninggalkan bangu sekolah dan lebih memilih bergabung dengan toko baju mom and pop. Selain itu, masih banyak lagi miliarder dunia yang terkena drop-out dari kampusnya lantaran lebih memilih untuk membuka usaha sendiri dan kini menjadi miliarder terkaya di dunia seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan masih banyak lagi.

Mungkin membuat karir yang sukses tanpa pendidikan tinggi memang dapat menantang, tapi bukan tidak mungkin. Pendidikan tinggi atau gelar sarjana bukan penjamin seseorang dapat sukses begitu saja. Apabila Anda fokus pada tujuan, terus meningkatkan pengetahuan dan memperluas jaringan tentu Anda tetap akan mendapatkan karir impian Anda. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini cara mencapai kesuksesan tanpa gelar sarjana.

Cara Mencapai Kesuksesan Tanpa Gelar Sarjana

Cara Mencapai Kesuksesan Tanpa Gelar Sarjana

Eksplorasi diri
Sebenarnya, ilmu bisa kita cari dimana saja, terlebih lagi di zaman sekarang ini. Zaman yang serba canggih, kita bisa belajar melalui google mengenai hal-hal baru, dll. Selain itu, kita juga bisa dengan membaca di jurnal, blog, buku, maupun majalah. Biasakan diri Anda mulai berkontribusi untuk blog industri dan terlibat dalam forum online. Anda juga dapat mengambil kelas gratis dari website, seperti Harvard Open Courses, Udemy, Coursera and Open Yale Courses.

Membangun portofolio
Pengetahuan yang Anda miliki tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak menerapkannya ke karir. Investasikan waktu Anda dalam mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin sehingga dapat menambah nilai dan prestasi untuk membangun portofolio yang luar biasa.

Anda bisa mendapatkan pengalaman dari mana saja, seperti dengan bekerja serabutan atau menjadi seorang relawan, mempertimbangkan meluncurkan kampanye untuk meningkatkan pendanaan, menghadiri konferensi di bidang pilihan Anda atau dapat juga dengan memulai bisnis kecil.

Pelajari permintaan
Menurut CareerBuilder, pengusaha mencari kandidat yang memiliki etos kerja yang mantap, ketergantungan, sikap positif, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.

Cara terbaik untuk menguasai keterampilan lunak adalah melalui pengalaman. Ketika Anda mulai mengembangkan keterampilan lunak, maka rekam setiap prestasi yang menggambarkan keterampilan masing-masing itu. Dengan menceritakan prestasi itu, Anda menunjukkan kemampuan kepada atasan untuk sukses di tempat kerja.

Mentor
Salah satu rahasia untuk membangun karier yang sukses adalah dengan merakit sebuah tim mentor yang akan membantu di sepanjang perjalanan Anda. Terhubunglah dengan orang-orang yang berada dalam posisi di mana Anda ingin menjadi, belajar rahasia mereka, dan mengikuti kebijaksanaan mereka.

Ketika mencari mentor, pikirkan tentang peran setiap individu mentor dalam karier Anda.

Mentor yang luar biasa dapat ditemukan di mana saja. Terhubunglah dengan orang-orang yang dapat menjangkau para profesional yang bekerja untuk perusahaan yang ingin Anda masuki, seperti terlibat dengan organisasi industri, jaringan di media sosial, bahkan berbicara dengan orang-orang di kedai kopi.

Ulet
Tetaplah memegang diri untuk bertanggung jawab atas kesuksesan Anda dan membuktikan bahwa mereka salah dengan prestasi Anda. Anda harus memiliki keuletan dan semangat untuk terus bergerak maju. Ketika merasa down, Anda dapat membuat daftar prestasi, pengalaman dan tujuan positif yang ingin Anda miliki untuk masa depan. Dengan merefleksikan pengalaman positif dan menciptakan rencana, Anda akan ingat mengapa memilih jalan Anda di tempat pertama.

Mengetahui pilihan Anda
Meskipun Anda tidak pergi ke perguruan tinggi, masih ada sejumlah peluang yang akan membantu Anda membangun jalur karier yang sukses, salah satunya adalah dengan benar-benar mengetahui pilihan Anda.

Jika Anda sedang mencari karier yang lebih kreatif, Anda dapat memulai bisnis, menjadi seorang blogger, membuka restoran, bekerja sebagai desainer grafis, atau bekerja sebagai penulis lepas.

Untuk profesi itu, portofolio yang kuat akan membantu menunjukkan kepada atasan mengenai potensial dan klien apa yang Anda mampu. Apapun gairah dan tujuan Anda, temukanlah jalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. (

Nah, jadi itulah beberapa motivasi yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang tidak bergelar sarjana. Meski Anda tidak memiliki gelar sarjana, namun Anda dituntut untuk terus mau berkarya dan membuka lapangan kerja. Karena orang yang sukses tidak diukur oleh seberapa tingginya pendidikan mereka. Hal ini sudah terbukti dari beberapa miliarder dunia yang kebanyakan sukses dengan tingkat sekolah yang mereka kantongi saat ini. Semoga Anda lebih termotivasi untuk sukses, semoga berhasil dan semangat terus.

| Cara Mencapai Kesuksesan Tanpa Gelar Sarjana

  • Trik Supaya Bos Menaikkan Gaji Tanpa Harus Diminta

    Bisnis,- Semua pegawai atau karyawan tentunya ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa...

  • Inilah Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

    Bisnis,- Hampir semua orang dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan memiliki ketakutan financial (keuangan). Mereka takut, apabila suatu saat tidak memiliki...

  • Mengintip Gaya Hidup Mewah Ala Raja Arab Saudi

    Info Bisnis,- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Pada 1-3 Maret nanti Raja Salman akan...

  • Punya Banyak Teman Memudahkan Anda Cari Kerja

    Bisnis,- Zaman sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin juga Anda bisa lebih cepat memperoleh pekerjaan yang diidamkan...