Apr 19 2016

Bocoran Formasi dan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2016

Bisnis.Ijomuda.com – Meski di tahun 2016 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih memberlakukan penghentian sementara atau disebut juga dengan moratorium perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun, ada beberapa posisi tertentu yang tidak terkena aturan moratorium.

Bocoran Formasi dan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2016

Menurut Herman Suryatman, selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian (PANRB) pada hari Senin, 18/04/2016 mengungkapkan, beberapa posisi yang masih dibuka kesempatan untuk melakukan perekrutan CPNS adalah tenaga pendidikan (guru), tenaga medis atau kesehatan dan jabatan fungsi tertentu. Meski proses rekrutmen CPNS untuk tenaga medis dan kesehatan tetap dilakukan sesuai mekanisme seperti biasa, namun jadwal seleksi dan tes belum bisa dipastikan kapan akan dimulai dan akan ditentukan oleh Pak Menteri.

Pada tanggal 25 Februari 2016 lalu, Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB mengatakan bahwa pemerintah masih melanjutkan moratorium penerimaan negeri sipil pada tahun ini. Hal tersebut bertujuan untuk menargetkan ideal PNS sebanyak 1.5% dari total penduduk Indonesia.

Salah satu tindakan untuk merampingkan PNS, Kementerian PANRB melakukan pendekatan moratorium dan negatif to zero growth. Namun, penerimaan PNS tetap dibuka untuk sektor-sektor tertentu. Perampingan jumlah PNS juga dilakukan seperti di sekolah kedinasaan. Misalnya, apabila Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang biasanya merekrut sebanyak 1000 orang, kini hanya merekrut 900 orang.

Pemerintah juga menegaskan akan memperbaiki kinerja PNS dengan terjadinya perampingan seperti sekarang ini. Selain itu, kinerja PNS akan disesuaikan dengan UU yang berintegritas, berdisiplin, berpendidikan, profesional, kompeten, inovatif, bisa mengakses komputer, cakap berbahasa dan komunikasi, dan dirasionalkan.

Baca juga: Tips Untuk Meningkatkan Penghasilan Kerja

Jadi, buat para CPNS harap tenang dan tunggulah kapan waktu dimulainya tes dan seleksi CPNS di bidang pendidikan dan kesehatan serta persiapkanlah diri anda dari sekarang. Semoga sukses!

| Bocoran Formasi dan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2016

  • Kapan Waktu Pencairan Gaji Ke-14 Untuk PNS?

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) belum bisa memastikan waktu yang tepat untuk membayar gaji ke-14 untuk tahun anggaran 2016...

  • Rencana Presiden Jokowi Akan Kurangi 1 Juta PNS Hingga 2019

    Bisnis.Ijomuda.com – Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk memahami...

  • Seleksi CPNS Bakal Kembali Digelar

    Tahun Depan, Seleksi CPNS Dapat Kembali Digelar http://bisnis.ijomuda.com/ – Informasi gembira bagi Kamu yang bercita-cita jadi abdi negeri. Sesudah batal digelar tahun...