Jun 23 2016

8 Jenis Barang Tambang Hasil Bumi Indonesia

Sumber daya alam di dunia ini ada 2 jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Negara yang kaya akan kedua sumber tersebut, tidak lain dan tidak bukan adalah negara kita, Indonesia. Kekayaan alam Indonesia nentu sudah banyak dilirik oleh negara lain, sehingga negara-negara tersebut menjalin kerjasama dengan Indonesia. Bahkan jika kita mengingat kembali sejarah, tujuan utama para penjajah terdahulu adalah untuk menguasai semua kekayaan alam Indonesia.

Jika masalah kekayaan yang dapat diperbaharui seperti rempah-rempah sudah sering dibahas di berbagai kesempatan oleh situs-situs lain, untuk kali ini admin akan membahas seputar jenis-jenis barang tambang hasil bumi Indonesia.

8 Jenis Barang Tambang Hasil Bumi Indonesia

8 jenis barang tambang hasil bumi Indonesia

Minyak bumi

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi, walaupun tak sebanyak dan sehebat Arab Saudi. Pertambangan minyak bumi di Indonesia ada di beberapa wilayah, seperti Aceh, Riau, Cepu, Wonokromo, Tarakan, Papua, dan Maluku. Tak hanya di daratan, pertambangan minyak bumi Indonesia juga ditemukan di lepas pantai atau sungai.

Batu bara

Batu bara merupakan barang tambang yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan zaman purba yang terkubur dan mengendap di bawah lapisan tanah berjuta tahun. Ia memiliki beberapa kategori sesuai dengan kandungan karbon yang ada didalamnya. Karbon tersebut bisa dilihat dari warna batu bara tersebut. Semakin hitam warna batu bara, itu tandanya semakin tinggi kandungan karon di dalamnya.

Pertambangan batu bara di Indonesia ada di Pulau Kalimantan. Manfaat yang bisa didapatkan dari batu bara sama seperti halnya minyak bumi, namun belum maksimal penggunaanya.

Timah

Tanpa kita sadari, timah sering ada di keseharian kita. Barang tambang yang satu ini sering ketika selesi diolah, sering digunakan sebagai kaleng makanan, pelapis besi agar tidak mudah berkarat, serta dalam bentuk lembaran biasanya digunakan sebagai pembungkus coklat, permen, atau rokok.

Timah bisa ditemukan dalam batuan granit yang kemudian nantinya akan dipisahkan guna memperoleh konsentrasi tinggi sampai menjadi biji timah. Tambang timah yang ada di Indonesia, yaitu di Pulau Bangka, Riau, dan Singep.

Bijih besi

Tambang bijih besi di Indonesia ada di daerah Cilacap, Lambung, Pulau di Kalimantan, yang diprakarsai oleh PT.Krakatau Stee, Cilegon. Bijih besi diproses menjadi bongkahan besi, kemudian dicetak menjadi beberapa barang yang dibutuhkan.

8 jenis barang tambang hasil bumi Indonesia

Bijih emas

Emas merupakan barang tambang yang sangat penting untuk suatu negara, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan emas yang kemudian dibentuk menjadi perhiasan cantik, akan memiliki nilai jual tinggi, bahkan harganya jarang turun.

Pertambangan emas di Indonesia ada Papua yang dikelola oleh perusahaan ternama PT Freeport, serta Kalimantan Barat, Sulawesi, Bengkulu, dan Papua. Dan di setiap tahunnya, semakin banyak masyarakat berbondong-bondong alih profesi jadi penambang emas.

Tembaga

Tembaga juga menjadi barang tambang hasil bumi Indonesia yang dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan industri kontruksi, alat listrik, sampai kapal laut. Pertambangan tembaga juga ada di Papua yang dikelola oleh PT Freeport.

Intan

Intan yang memiliki nilai jual tinggi ini bisa ditemukan dengan cara menggali tanah yang kemudian tanah tersebut dilimbangi air, sehingga ditemukan biji intan. Petambangan intan terbesar di Indonesia ada di Martapura, Kalimantan Selatan.

Nikel

Nikel merupakan logam berharga yang pemanfaatannya dicampurkan dengan barang tambang lain seperti besi agar menjadi baja dan tahan karat. Selain itu, nikel juga dicampurkan dengan tembaga sehingga menjadi perunggu dan kuningan. Mata uang logam yang banyak beredar, berbahan dasar dari nikel. Pertambangan nikel terbesar di Indonesia ada di Pomala (Sulawesi Tenggara) dan Soroako (Sulawesi Selatan).

Luar biasa kayanya negeri ini yang bisa menghasilkan 8 barang tambang untuk kebutuhan masyarakat luas bagi di dalam maupun luar negeri.

  • Negara yang Membandrol Harga BBM Termahal di Dunia

    Setelah sebelumnya bisnis.ijomuda.com membahas mengenai Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia, kini giliran mengungkap beberapa negara yang membandrol harga BBM termahal...

  • 15 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia Tahun 2016

    Bukan sebuah rahasia lagi jika emas selalu menjadi tumpuan atau aset terbaik dalam berinvestasi, mengingat nilai logam mulia yang satu ini cenderung...

  • 10 Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia

    Harga BBM yang tak tentu membuat penduduk Indonesia merasa sering risau, terlebih ketika kenaikan terjadi. Malah pada beberapa tahun ke belakang BBM...

  • Teknik Investasi Emas Batangan dan Perhiasan Bagi Pemula

    Investasi saat ini menjadi bisnis yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, yang harus diperhatikan adalah cara yang benar dalam investasi...