May 24 2016

7 Provinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Bisnis.Ijomuda.com – Pemerintah Indonesia telah menaikkan tarif BBM dan mengurangi subsidi BBM per April 2012. Sebagai negara penghasil minyak terbesar dengan menempati posisi ke 21 dunia, tidak menjamin harga BBM di dalam negeri menjadi murah.

Menurut data CIA World Factbook yang merupakan intelijen pusat yang dibentuk AS dan bekerja untuk mengumpulkan berbagai informasi diseluruh dunia termasuk sumber daya energi khususnya energi minyak bumi dan negara terbesar penghasil minyak bumi, mengungkapkan bahwa, “Indonesia memproduksi minyak sebesar 1.023.000 barel/hari atau sebesar 1.21% dari produksi minyak dunia”.

Hal ini terbukti, Indonesia memiliki cadangan minyak bumi yang tersebar di beberapa wilayah, mulai dari pulai Sumatera, Kalimantan hingga Papua. Berikut dibawah ini 7 provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

7 Provinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

7 provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia

  • Provinsi Riau

Provinsi ini memasok sepertiga dari total produksi harian minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 block minyak bumi di provinsi ini diantaranya yaitu Siak block, Rokan, Mountain Front Kuantan, Selat Panjang, Malacca Strait dan Coastal Plains dan Pekanbaru. Dari 6 block tersebut, blok Rokan menjadi block terbesar karena memiliki giant field (ladang minyak yang memiliki ukuran besar).

Total produksi minyak bumi dari provinsi Riau mencapai 365.827 barrel perhari yang terdiri dari 359.777 barrel minyak mentah dan 6.50 barrel kondensat. Salah satu kelebihan dari minyak mentah yang dihasilkan dari provinsi Riau yaitu memiliki viskositas yang sangat baik untuk ukuran hidrokarbon sehingga dikategorikan sebagai minyak mentah terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain minyak bumi, provinsi Riau juga memiliki cadangan gas bumi yang cukup besar.

  • Kalimantan Timur

Daerah ini sudah terkenal sebagai daerah yang kaya dengan minyak bumi. Bahkan salah satu kotanya dijuluki sebagai Kota Minyak yaitu Balikpapan. Ada beberapa lokasi yang dijadikan tempat pengeboran minyak bumi, seperti di daerah Sanga-Sanga, Mamburungun, Kutai dan Mahakam. Total kapasitas produksi dari semua sumur tersebut mencapai 134.626 barrel perhari yang terdiri dari 60.331 barrel minyak mentah dan 74.925 barrel kondensat. Selain memiliki kandungan minyak bumi yang cukup melimpah, provinsi Kalimantan Timur juga memiliki kandungan gas alam yang cukup besar.

  • Sektor Laut Jawa

Sumur munyak offshore pada laut Jawat dapat dikategorikan sbagai sumur minyak yang netral atau tidak diklaim oleh provinsi manapun. Block Offshore yang terdapat di Jawa Timur terbentang dari Sumatera bagian tenggara hingga ke daerah Jawa Barat. Semua Block sumur minyak yang terdapat pada laut jawa dapat menghasilkan minyak bumi sebesar 65.157 barrel perhari dengan perbandingan minyak mentah 62.130 barrel serta 3.024 barrel kondensat.

  • Kepulauan Riau

Merupakan provinsi termuda di Indonesia dan memiliki luas lautan 95% dari total luas provinsi tersebut. Selain itu, provinsi ini juga berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kamboja. Meski memiliki luas daratan yang terbilang kecil namun kegiatan bisnis migas di provinsi ini terus mengalami peningkatan.

Block offshore yang terdapat pada provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B dan South Natuna Sea Block A. Ketiga block offshore ini mampu menghasilkan 65.154 barrel minyak perhari dengan rincian 62.130 barrel minyak mentah dan 3.024 barrel kondensat. Selain minyak bumi, provinsi ini jgua memiliki cadangan gas bumi terbesar di Indonesia.

  • Jawa Timur

Jawa Timur memiliki block minyak yang sering ktia dengan yaitu Cepu, provinsi ini mampu menghasilkan 52.290 barrel minyak mentah dan 32 barrel kondensat. Bila dijumlahkan, maka jumlah totalnya berkisar 52.616 barrel perhari.

  • Sumatera Selatan

Block minyak yang terdapat di Sumsel ini diantaranya yaitu Lematang, Ogan Komering, Rimau, South, Central Sumatera, Pendopo dan Raja block. Total jumlah produksi minyak di Sumatera Selatan mencapai 41.057 barrel perhari.

  • Papua Barat

Wilayah terluas yang ada di Indonesia ini memiliki sumber daya alam yang cukup besar. Papua Barat mampu menghasilkan 14.812 barrel per hari, minyak tersebut terdiri dari 8243 barrel minyak mentah dan 6568 barrel kondensat.

Baca Juga: 5 Kesalahan Selebriti dan Melakukan Investasi

Wah, Seharusnya rakyat Indonesia sudah bisa merasakan hidup makmur dan sejahtera saat ini. Bahkan perlu Anda ketahui juga bahwa Indonesia masih memiliki banyak cadangan minyak bumi yang belum di produksi bahkan kemungkinan besar masih banyak pula kolasi dimana terdapat cadangan minyak tetapi belum di explorasi. Semoga, kedepannya negara kita menjadi negara makmur dan sejahtera yang bisa memanfaatkan kekayaan alamnya dengan baik dan benar.

 

| 7 Provinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

  • Negara yang Membandrol Harga BBM Termahal di Dunia

    Setelah sebelumnya bisnis.ijomuda.com membahas mengenai Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia, kini giliran mengungkap beberapa negara yang membandrol harga BBM termahal...

  • 15 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia Tahun 2016

    Bukan sebuah rahasia lagi jika emas selalu menjadi tumpuan atau aset terbaik dalam berinvestasi, mengingat nilai logam mulia yang satu ini cenderung...

  • 10 Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia

    Harga BBM yang tak tentu membuat penduduk Indonesia merasa sering risau, terlebih ketika kenaikan terjadi. Malah pada beberapa tahun ke belakang BBM...

  • Teknik Investasi Emas Batangan dan Perhiasan Bagi Pemula

    Investasi saat ini menjadi bisnis yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, yang harus diperhatikan adalah cara yang benar dalam investasi...