May 4 2016

7 Negara Ini Bebas dari Pungutan Pajak Penghasilan

Informasi Bisnis | Pajak menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negara, bahkan di beberapa negara tertentu pajak yang ditentukan justru sangat besar dan memberatkan para warganya. Pajak tersebutlah yang nantinya membiayai pemerintah, pembangunan, gaji pegawai negeri, serta pembayaran hutang.

Di luar kewajiban dalam membayar pajak penghasilan, menurut survei yang dilakukan oleh KPMG di 96 negara seperti yang telah dilansir liputan6.com, ada 7 negara yang justru membebaskan warga negara dari pajak. Negara mana sajakah itu ?

7 Negara Bebas Pajak Penghasilan

7 negara yang bebas dari pajak penghasilan
Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan negara besar yang memiliki pendapat per kapita tinggi di dunia, sekitar US$ 48.200. Negara timur tengah ini tidak mewajibkan pajak penghasilan kepada warga negaranya. Pemerintah hanya mengandalkan pendapatan dari minyak yang mencapai 80% dan dari bea cukai kurang dari 12% untuk membiayai negara.

Pekerja asing pun tidak perlu membayar uang jaminan sosial, namun pengusaha harus membayar jaminan sosial dan uang pensium mereka dari 12,5% tiap bulan dari gaji pokok yang didapatkan. Tapi, di balik itu semua, pemerintah negara ini memberikan pajak tinggi bagi alkohol sebanyak 50%, serta tambahan pajak 30% untuk yang membeli alkohol.

Qatar

Qatat memiliki petumbuhan per kapita yang fantastis, yaitu US$ 88.000 dari kekayaan cadangan gas alam yang dimilikinya. Pemerintahnya tidak melakukan pungutan pendapatan pribadi, keuntungan modal, atau properti. Namun, warga negaranya hanya membayar sekitar 5% dari pendapatannya untuk jaminan sosial.

Oman

Tak jauh berbeda dengan Arab, Oman memiliki kekayaan yang berasal dari minyak bumi. Walaupun tidak akan pungutan dari pendapatan individu atau pajak capital gain, namun warga Oman hanya perlu mengeluarkan 6,5% dari gaji bulanan mereka untuk jaminan sosial.

Cayman Islands

Kepulauan Cayman merupakan surga bagi pada konglomerat, karena pemerintahnya tidak menerapkan pajak pendapat serta pajak capitak gain. Bahkan mereka dibebaskan dari kewajiban iuran jaminan sosial. Para pengusahanya sendiri yang harus menyediakan program pensiun untuk seluruh karyawannya. Namun yang perlu dicacat adalah, walaupun tak menerapkan pajak pendapatan, ada pajak tidak langsung seperti bea cukai yang telah diterapkan, bahkan sampai sekitar 25%.

Baca juga : 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Akan Mulai Berwirausaha

Bahrain

Bahrain juga tidak menerapkan pajak penghasilan pribadi dari warga negaranya, namun negara ini bergantung pada ladang minyaknya.

Warga negara Bahrain hanya diwajibkan untuk membayar sekitar 7% dari total pendapatannya untuk jaminan sosial, sedangkan untuk para pengusaha diwajibkan membayar 12% untuk tujuan yang sama. Sedangkan pajak tidak langsung hanya diterapkan 3% dari pembelian properti real estate.

Kepulauan Bermuda

Negara yang dikenal makmur ini, tidak meminta pembayaran pajak bagi warganya. Namun para pekerja harus memberikan US$ 30,40 perminggu untuk asuransi jaminan sosial, pajak lainnya seperti properti sekitar 19%. Pajak yang tergolong rendah membuatnya menjadi serbuan para pengusaha kaya.

Bahama

Negara yang satu ini dikenal sangat bergantung pada pariwisata dan perbankan. Ada sekitar 70% pendapatn pemerintah berasal dari bea cukai. Walaupun tak ada pungutan pajak penghasilan, namun karyawan di sana harus membayar sekitar 3,9% dari gaji nya untuk jaminan sosial. Pengusaha harus membayar 5,9% untuk asuransi dan wirausaha membayar 8,8%. Sedangkan untuk pajak properti yaitu sekitar 1%.

Bagaimana dengan Indonesia ? Apakah kewajiban membayar pajak sudah diterapkan dengan bijak dan pihak yang wajib dikenakan pajak sudah menjalankan pembayaran pajaknya ? Ataukah mungkin kelak Indonesia akan bebas dari pajak penghasilan seperti ke-7 negara di atas ? Do’a yang terbaik untuk negeri ini šŸ™‚

  • 10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

    Bisnis.Ijomuda.com – Sumber pendapatan Negara kebanyakan didapat dari pemasukan pajak yang diberikan warganya ke pemerintah. Besarnya tarif pajak bervariasiĀ  tergantung pajak yang...

  • Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

    Bisnis.Ijomuda.com – Menurut Budi Gunawan, selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang mendefinisikan pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk...

  • Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara

    Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara,- Perekonomian negara sama halnya dengan perekonomian rumah tangga di mana mengenal sumber-sumber penerimaan dna pos-pos pengeluaran. Pajak...

  • Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara

    Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara,- Tidak Sedikit warga indonesia yang belum menyetor pajak, elemen ini disebabkan minimnya berita penduduk akan manfaat...