Dec 13 2016

5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

Info bisnis,- Penggunaan kartu kredit saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam 10 tahun terakhir, terutama setelah semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal ini lantaran, kartu kredit memiliki banyak fungsi dan salah satunya adalah sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai. Dan tentunya, untuk mendapatkan sederet promo dan diskon yang diberikan oleh bank pemberi kartu kredit pada merchant atau lokasi-lokasi belanja tertentu.

Artikel terkait: Hal Yang Dilakukan Saat Kartu Kredit Hilang

Selain itu, fungsi lain dari kartu kredit adalah untuk memesan tiket pesawat, bioskop bahkan kereta api. Maka dari itu, tak heran jika masyarakat banyak yang tergoda dan ingin membuat kartu kredit. Namun, sebelum memulai mengajukan pendaftaran kartu kredit, ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat membuat kartu kredit.

5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

Di kutip dari lama liputan6.com, kami meringkas beberapa berita mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pendaftaran kartu kredit supaya cepat disetujui. Apa sajakah itu? Berikut ini dia daftar yang perlu Anda perhatikan.

Ketahui riwayat perbankan
Riwayat perbankan yaitu catatan kredit Anda sebelum mengajukan kartu kredit. Secara ringkasnya, ketika anda mengajukan pendaftaran untuk kartu kredit, pihak bank akan mulai mengecek mengenai informasi Debitur Individual History (IDIH) yang Anda miliki, baik itu dengan bank yang bersangkutan ataupun dengan bank lain.

Hal ini penting, untuk memastikan sebelumnya Anda tidak pernah memiliki catatan kredit macet dengan bank manapun atau masih memiliki nilai tanggungan kredit yang besar. Biasanya, bank akan mempertimbangkan mengenai pengajuan kredit bila Anda masih memiliki tanggungan hutang lebih dari 30% dari nilai pendapatan total.

Jenis Pekerjaan
Bank akan melihat jumlah pendapatan Anda setiap bulannya beserta dengan pengeluaran dari nasabah. Bila pendapatan Anda dirasa pas atau bahkan kurang dari pengeluaran, maka kecil kemungkinan akan disetujui.

Tempat tinggal
Lokasi, keadaan dan status tempat tinggal pun akan menjadi perhatian tersendiri. Bila Anda masih tinggal dengan mengontrak, atau bahkan menyewa dengan sistem pembayaran setiap bulan. Maka bank biasanya akan mempertimbangkan persetujuan kartu kredit.

Pilih Bank
Dalam memilih bank, yang terbaik memang pilihlah bank dimana Anda sudah menjadi nasabah untuk tabungan sebelumnya.

Selain itu, perhatikan fasilitas dan karakteristik kartu kredit yang ditawarkan. Pasalnya ada beberapa bank yang kartu kreditnya lebih cocok untuk para penggemar belanja, untuk travelling dengan kemudahan digunakan di seluruh dunia, dan banyak lain.

Dokumen
Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan. Biasanya bank akan meminta identitas diri, sekaligus seluruh dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan dan catatan pendapatan.

Nah, jadi itulah hal-hal yang wajib Anda perhatikan sebelum mengajukan pendaftaran kartu kredit. Semoga info ini bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Anda.

| 5 Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

  • Inilah Alasan Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit

    Bisnis,- Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran, namun keduanya menyediakan pelayanan yang berbeda. Yang satu langsung menarik uang dari rekening setiap...

  • Panduan Mudah dan Tepat Membaca Tagihan Kartu Kredit

    Berita bisnis,- Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit...

  • Waspadai, Modus Kejahatan Bagi Pengguna ATM

    Berita Bisnis,- Tentunya Anda sering menggunakan fasilitas ATM dari perbankan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan...

  • 4 Strategi Untuk Memaksimalkan Imbal Hasil dari Deposito

    Bisnis,- Deposito menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Selain itu, deposito juga memilik keunggulan utama yaitu aman dan cenderung minim...