May 19 2016

10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

Bisnis.Ijomuda.com РSumber pendapatan Negara kebanyakan didapat dari pemasukan pajak yang diberikan warganya ke pemerintah. Besarnya tarif pajak bervariasi  tergantung pajak yang dibayarnya. Pajak bumi dan bangunan akan berbeda dengan pajak penghasilan, pajak kendaraan pribai atau kendaraan mewah. Walaupun sebagian dananya akan dikembalikan kepada rakyat berupa pembangunan fasilitas umum dan pendidikan.

Namun meski demikian, ada juga beberapa negara yang memungut pajak dalam jumlah kecil bahkan tidak memungut pajak sama sekali, diantaranya yaitu negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait. Dari sekian banyaknya negara yang mengenakan tarif pajak penghasilan tinggi dunia. Berikut dibawah ini 10 negara dengan pajak penghasilan tertinggi di dunia.

10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

Keindahana Negara Aruba

Aruba
Negara kecil yang berada di sebelah utara Venezuela memiliki tarif pajak penghasilan tertinggi di dunia. Negara ini dikenal memiliki standar hidup tertingi di Karibia. Negara wilayah Belanda ini juga memiliki tarif pajak penghasilan tertinggi di dunia, yaitu tarif pajak penghasilan mencapai 58.95% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 171.149. Sedangkan bagi mereka yang menikah serta memenuhi persyaratan penghasilan hanya kena tarif pajak lebih rendah sedikit yaitu sebesar 55.85%. Negara ini juga menerapkan 25% pajak atas capital gain. 2 kali lipat lebih tinggi dari rata-rata negara di Karibia seperti Bahama, Bermuda dan Cayman Islands yang 0%.

Swedia
Swedia adalah negara dengan tingkat kesejahteraan cukup baik, dimana warga negara mendapatkan pendidikan gratis dan kesehatan bersubsidi. Setiap orang mendapatkan jaminan pensiun. Bahkan angkutan umum disubsidi.

Semua ini adalah hasil dari skema pajak agresif pemerintah Swedia dimana orang-orang dengan pendapatan yang sangat tinggi minimal US$ 85.841 dikenakan tarif pajak penghasilan sebesar 56.6%. Swedia juga mengenakan 30% pajak atas penghasilan investasi, serta tingkat signifikan untuk kepemilikan properti dan jaminan sosial.

Denmark
Negara kedua di Eropa setelah Swedia yang memiliki tingkat pajak penghasilan tertinggi adalah Denmark. Menganut paham seperti Swedia, tingkat pajak penghasilan di Denmark juga tinggi.

Tarif pajak penghasilan Denmark yaitu 55.4% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 70.633. Tarif pajak Denmark saat ini sebenarnya masih lebih rendah dibandingkan 2008 yang sebesar 62.3%. Negara ini juga mengenakan pajak untuk pendapatan dividen dan capital gain antara 28% dan 42%. Bahkan gereja pun tidak luput dari pajak. Lembaga keagamaan ini harus membayar pajak mulai dari 0.4% menjadi 1.5%.

Belanda
Belanda merupakan negara dengan tingkat pajak penghasilan tertinggi di Eropa Barat. Tarif pajak penghasilan mencapai 50% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 45.037. Sama seperti tetangganya Belanda, Belgia memiliki tarif pajak lebih tinggi daripada rata-rata negara. Negara ini juga mengenakan pajak kota hingga 11% dan pajak capital gain hingga 33%.

Negeri tulip ini sebenarnya memiliki pajak tertinggi dan beban jaminan sosial di dunia dengan pembayaran pajak tunggal membawa pulang kurang dari 45% dari pendapatan mereka yang sebenarnya. Pendapatan mereka rata-rata di negara ini US$ 45.037.

Austria
Austria adalah salah satu tempat terbaik untuk tinggal, asalkan Anda bersedia membayar untuk hak istimewa. Selain dari tarif pajak penghasilan yang mencapai 50% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 74.442, juga memiliki tingkat jaminan sosial sebesar 18%, pembayaran bonus dikenakan biaya 6% dan pajak capital gain 25%.

Uang simpanan di bank Swiss juga dikenakan pajak melalui perjanjian khusus antara pemerintah Swiss dan Austria.

Jepang
Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang masuk dalam jajaran negara dengan pajak penghasilan tertinggi dunia. Tarif pajak penghasilannya mencapai 50% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 228.880.

Jepang memiliki tingkat pajak penghasilan tertinggi di seluruh Asia, dimana rata-rata hanya 23%. Namun perlu dicatat bahwa tingkat tinggi hanya tendangan bagi mereka yang memiliki pendapatan minimal US$ 228.880. Dan ini merupakan tingkat pendapatan yang sangat tinggi disebuah negara di mana pendapatan rata-rata adalah US$ 53.200.

Inggris
Sepanjang tahun 2012, Inggris memberlakukan kebijakan pajak penghasilan sebesar 50% bagi penduduknya yang berpenghasilan US$234.484 per tahun. Kebijakan yang hanya diberlakukan hingga April 2013 ini merupakan langkah yang harus diambil pemerintah Inggris untuk menjaga fluktuasi neraca keuangan negaranya. Selain, mereka yang berpenghasilan kurang dari US$ 14.300 akan dibebaskan dari pajak. Pajak jaminan sosial juga turun menjadi 14% sedangkan capital gain mencapai 28%.

Finlandia
Layaknya negara Eropa lainnya, Finlandia juga memberlakukan pajak penghasilan yang tinggi, yaitu 49.2% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 87.222. Tingkat pajak teratas awalnya mencapai 53.5%. Namun, kemudian dipotong dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini mengenak pajak kota sebesar 21.5% dan pajak gereka hingga 2%, capital gain mencapai 28%.

Pemerintah berencana untuk meningkatkan pajak pada tahun 2015 dengan tari fbaru menargetkan mereka dengan pendapatan tinggi dan pemilik pensiun dan penerimawarisan diatas US$ 1.3 juta.

Irlandia
Irlandia berada di posisi kesepuluh sebagai negara yang memberlakukan pajak penghasilan yang tinggi bagi penduduknya. Tarif pajak penghasilan mencapai 48% bagi mereka yang berpenghasilan minimal US$ 40.696. Tingkat pajak telah meningkat terus dalam beberapa tahun terakhir dan stabil di level 45% sejak 2008. Pajak jaminan sosial mencapai 4%. Pajak atas hadiah, warisan dan capital gain dapat sebesar 30%. Negara ini memiliki tarif pajak terendah di Eropa, meski perbedaanya hanya 12.5%.

Baca Juga: 10 Aktor Papan Atas Paling Kaya di Dunia (Bagian 2)

Nah, itulah 10 negara yang menetapkan pajak tinggi bagi warganya.

| 10 Negara Dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

  • Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat dan Negara

    Bisnis.Ijomuda.com – Menurut Budi Gunawan, selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang mendefinisikan pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk...

  • 7 Negara Ini Bebas dari Pungutan Pajak Penghasilan

    Informasi Bisnis | Pajak menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negara, bahkan di beberapa negara tertentu pajak yang ditentukan justru sangat...

  • Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara

    Manfaat Pajak Bagi Perekonomian Negara,- Perekonomian negara sama halnya dengan perekonomian rumah tangga di mana mengenal sumber-sumber penerimaan dna pos-pos pengeluaran. Pajak...

  • Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara

    Jenis Dan Fungsi Pajak Bagi Negara,- Tidak Sedikit warga indonesia yang belum menyetor pajak, elemen ini disebabkan minimnya berita penduduk akan manfaat...