Sep 6 2016

10 Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia

Harga BBM yang tak tentu membuat penduduk Indonesia merasa sering risau, terlebih ketika kenaikan terjadi. Malah pada beberapa tahun ke belakang BBM mencapai harga paling tinggi dan membuat masyarakat kecil banyak yang tak terima akan kenaikan tersebut, walaupun dikatakan subsidi akan cair dengan cair. Tapi, sudah jelas terlihat bahwa tak semua orang-orang miskin yang menerimanya.

10 negara dengan harga bbm paling murah sedunia

Meskipun saat ini harga BBM di negara kita telah mengalami penurunan dalam beberapa waktu lalu, khususnya untuk partamax. Dan mungkin harga di kisaran angka tersebut sudah dinilai normal dan masih bisa dijangkau. Akan tetapi, tahukah anda jika ada beberapa negara yang justru mematok harga BBM yang terlampau murah ? negara mana sajakah ini ?

10. Qatar

Negara salah satu anggota OPEC ini mematok harga bensin yang sangat murah berkisar US$ 0,26 atau setara dengan Rp 3.449 per liter.

9. Bahrain

Negara yang satu ini berada di urutan ke-9 sebagai negara yang mematok harga BBM termurah di dunia. Untuk satu liter BBM, hanya sekitar US$ 0,26 atau Rp 3.449.

8. Iran

Iran menjadi negara yang menempati posisi ke-8 sebagai negara dengan harga BBM paling murah di dunia berkisar US$ 0,24 atau setara dengan Rp 3.183 per liter.

7. Algeria

Algeri atau Aljazair yang terletak di Afrika sebelah utara, tepatnya berbatasan dengan Marokok. masuk ke dalam jajaran negara dengan harga BBM termurah. Harga untuk 1 liter BBM di sana hanya US$ 0,23 atau setara dengan Rp 3.051.

6. Kuwait

Kuwait juga dikenal sebagai negara yang memiliki cadangan minyak dan gas bumi besar, sehingga bisa mematok harga murah untuk satu liternya yaitu US$ 0,23 atau setara dengan Rp 3,051.

5. Turkmenistan

Negara yang ada di bagian Asia Tengah, yang dulunya masuk ke dalam Republik Uni Soviet ini dikenal sebagai pemilik cadangan minyak dan gas bumi yang cukup berlimpah, sehingga hal ini pun berpengaruh pada harga BBM di negara tersebut yang hanya berkisar US$ 0,21 atau Rp 2.785 per liter.

4. Saudi Arabia

Sebagai negara yang memiliki cadangan minyak bumi berlimpah dan menjadi bagian dari OPEC, membuat Saudi Arabia mematok harga BBM dengan murah, hanya US$ 0,16 atau Rp 2.122 per liter.

3. Libia

Di posisi ketiga ada Libia yang mematok harga BBM untuk 1 liternya yaitu US$ 0,11 atau setara dengan Rp 1.459.

2. Syria

Negara yang memiliki harga BBM termurah di dunia posisi ke 2 adalah Syria. Negara di kawasan rentan terhadap serangan teroris ini ternyata mampu mematok harga BBM US$ 0,04 atau Rp 530 per liter.

1. Venezuela

Negara Amerika Selatan yang berada di ujung Utaranya ini menempati posisi juara sebagai negara yang memiliki patokan harga paling murah untuk 1 liter BBM. Di sana, anda bisa mendapatkan 1 liter BBM dengan harga yang sama ketika anda membeli petsin di warung, yaitu US$ 0,02 atau setara dengan Rp 365.

Harga yang mereka patok untuk BBM, tak lepas sari cadangan BBM mereka di negaranya sendiri yang berlimpah, sehingga tak membuat mereka khawatir negara akan bangkrut walau dengan harga BBM yang sangat murah sekalipun. Indonesia sendiri berada di urutan ke-21 sebagai negara yang mematok harga BBM paling murah di dunia.

  • Negara yang Membandrol Harga BBM Termahal di Dunia

    Setelah sebelumnya bisnis.ijomuda.com membahas mengenai Negara dengan Harga BBM Paling Murah Sedunia, kini giliran mengungkap beberapa negara yang membandrol harga BBM termahal...

  • 15 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia Tahun 2016

    Bukan sebuah rahasia lagi jika emas selalu menjadi tumpuan atau aset terbaik dalam berinvestasi, mengingat nilai logam mulia yang satu ini cenderung...

  • Teknik Investasi Emas Batangan dan Perhiasan Bagi Pemula

    Investasi saat ini menjadi bisnis yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, yang harus diperhatikan adalah cara yang benar dalam investasi...

  • 8 Jenis Barang Tambang Hasil Bumi Indonesia

    Sumber daya alam di dunia ini ada 2 jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tak...